Home Menarik Bagaimana PPG/PPGJ Tahun 2018 Dilaksanakan? Ini Gambarannya

Bagaimana PPG/PPGJ Tahun 2018 Dilaksanakan? Ini Gambarannya

117
0
Assalamu’alaikum Wr Wb. Sahabat Guru Jugan, Banyak guru yang masih bingung dengan cara pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) / Pendidikan Profesi Guru Jabatan (PPGJ). Bagaimanakah PPG / PPGJ tahun 2018 dilaksanakan?

Pada tulisan kali ini Ilerning.com akan memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru PPG / PPGJ  Tahap 1 dan 2 Tahun 2018.

Pelaksanaan PPGJ Tahun 2018 terdapat beberapa tahapan, mungkin dari kita masih ada yang belum mengetahui alur dalam pelaksaan PPG dalam jabatan untuk tahap I dan tahap II tahun 2018. Untuk menjawab pertanyaan tersebuat, disini saya akan memberikan informasinya pelaksanaan PPG tahap 1 tahun 2017 dan tahap 2  tahun 2018.

Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan PPGJ/ PPG Tahun 2018 ini dibuat agar bapak/ibu guru colon peserta PPGJ tahap 1 dan tahap 2 tidak merasa kebingungan dalam pelaksanaan dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Untuk Gambaran Umum Pelaksanaan PPGJ/ PPG Tahap 1 dan 2 Tahun 2018 bisa anda lihat melalui salinan di bawah ini;
1. Waktu pelaksanan PPG selama 5 bulan
2. Virtual kelas (kelas online/ daring) yang akan dipandu oleh mentor, yang dimana kita akan belajar, diskusi dan mendapatkan tugas dari mentor, kemudian diberi penilaian. Kelas Virtual PPGJ dilaksanakan selama 3 bulan, di akhir periode akan dilaksanakan uji kompetensi. Tahap pertama guru yang mengikuti PPG/ PPGJ tahun 2018 tidak meninggalkan tugas wajibnya di sekolah/ dikelas.
3. Lokakarya tatap muka selama 2 bulan, kegiatan tatap muka ini peserta PPG/ PPGJ akan bertemu langsung dengan mentor di tempat dilaksanakannya PPG sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan. selama 5 minggu tatap muka, menyiapkan perangkat pembelajaran, seperti Silabus, RPP, media, LJK dan lain-lain, kegiatan ini dalam bimbingan mentor, kemudian 3 minggu selanjutnya adalah berada di sekolah yang sudah ditetapkan oleh LPTK penyelenggara PPG/ PPGJ. Sekolah tempat praktek ini akan dibimbing oleh seorang guru pamong, yakni guru di sekolah yang sudah ditunjuk. Akhir periode lokakarya akan ada UTL uji tulis lokal, uji kinerja di kelas dan Ujian Nasional. Standar kelulusan 76 (tujuh puluh enam).
4. Perkiraan awal pelaksanaan PPGJ/ PPG tahun 2018 tahap I bulan Mei 2018 , tahap II bulan Juni 2018, ujian akhir pada bulan nopember 2018.
Berikut ini Gambaran Umum Pelaksanaan PPGJ/PPG Tahun 2018.

Sekian tulisan tentang Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan PPGJ/ PPG Tahun 2018, Salam Estoh dari Guru Jugan ujung timur pulau Garam. salam satu data, Madrasah Keren, Madrasah Sukses. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.gurujugan.com/