Home Menarik Pengertian, Struktur Bentuk dan Grafik Contoh Pasar Persaingan Monopoli

Pengertian, Struktur Bentuk dan Grafik Contoh Pasar Persaingan Monopoli

687
0
Berikut ini akan dijelaskan mengenai pasar monopoli, pengertian pasar monopoli, pasar monopolistik atau pasar persaingan monopoli, struktur  dan grafik pasar monopoli, bentuk pasar monopoli, dan juga contoh pasar monopoli.

Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Monopoli usaha adalah suatu monopoli yang dilakukan oleh perusahaan karena menguasai produksi dan penjualan suatu produk atau jasa secara sendiri atau tanpa adanya pesaing dalam suatu pasar.
Monopoli pangsa pasar (dominant firm) adalah jenis monopoli yang berasal dari monopoli perusahaan karena perusahaan telah menguasai pangsa mutlak di atas 50% dan perusahaan tersebut menjadi pemimpin harga (price leader).

Pasar monopoli adalah bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja dan banyak pembeli. Peran perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti. Keuntungan yang didapatkan perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi normal. 

Tahukah kamu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Perusahaan memperoleh keuntungan melebihi normal diakibatkan tidak adanya persaingan karena perusahaan-perusahaan lain sulit untuk masuk bidang industri tersebut. Perusahaan yang mempunyai hak monopoli disebut monopolis.

Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Monopoli

 Berikut ini akan dijelaskan mengenai pasar monopoli Pengertian, Struktur Bentuk dan Grafik Contoh Pasar Persaingan Monopoli
Kurva laba maksimum dalam pasar monopoli
Keterangan:
Perhatikan gambar grafik kurva diatas. Dalam menentukan laba maksimum, perusahaan harus menentukan harga dan output keseimbangan yang akan menghasilkan laba yang besar. Laba merupakan peneriman total (TR) dikurangi biaya total (TC). 
Laba maksimum perusahaan dicapai saat perusahaan memproduksi output yang mempunyai nilai penerimaan marginal (MR) sama dengan biaya marginal (MC). Dalam kurva di atas laba maksimum ditunjukkan pada titik E yaitu tingkat output yang diproduksi sebesar Q. 
Daerah laba maksimum yang diperoleh perusahaan adalah daerah OQAP yang menunjukkan TR dikurangi OQBC yang menunjukkan TC, yaitu ditunjukkan pada daerah APBC.
 Berikut ini akan dijelaskan mengenai pasar monopoli Pengertian, Struktur Bentuk dan Grafik Contoh Pasar Persaingan Monopoli
Kurva kerugian dalam pasar monopoli
Keterangan:
Pada gambar diatas menggambarkan keadaan pasar monopoli mengalami kerugian. Kerugian paling kecil jika di dalam pasar monopoli memproduksi sebanyak Q1, sebab pada tingkat produksi tersebut MR1 = MC1.
Adapun biaya total yang dikeluarkan adalah OQ1 × OP1. Berdasarkan gambar kerugian terkecil ditunjukkan oleh P1ABC. Apabila perusahaan monopoli memproduksi barang lebih besar atau lebih kecil dari Q1, maka kerugian yang akan dialami perusahaan lebih besar lagi.


Sumber http://www.kuttabku.com/