Beranda Download PTK Contoh Judul Dan Laporan Ptk Paud Dan Kelompok Bermain

Contoh Judul Dan Laporan Ptk Paud Dan Kelompok Bermain

49
0
BERBAGI
 Penelitian Tindakan Kelas  jenjang PAUD dan Kelompok Bermain  Contoh Judul dan Laporan PTK PAUD dan Kelompok Bermain

Download Contoh-contoh Penelitian Tindakan Kelas Untuk PAUD dan Kelompok Bermain (KB)


Penelitian adalah merupakan terjemahan dari bahasa inggris, Research. Adapun pengertian penelitian sangat bermacam-macam namun pada hakikatnya sama. Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapat data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis.

Menurut Winarno Surachmad,research atau penelitian yaitu kegiatan ilmiah yang mengumpulkan pengetahuan gres dari sumber-sumber primer, dengan tekanan tujuan pada inovasi prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.
Sedangkan berdasarkan Soetrisno Hadi, penelitian yakni perjuangan dalam menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, perjuangan yang mana dilakukan dengan memakai metode ilmiah.

PAUD/ Kelompok Bermain (KB) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang taman kanak-kanak (TK) dan pendidikan dasar (SD) dimana di dalamnya berisi suatu perjuangan pelatihan yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani supaya anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Secara kontekstual, PTK merupakan terjemahan dari Classroom Action Research, yang bermakna satu Action Research yang dilakukan di kelas, baik PAUD/ KB, SD, SMP, dan hingga tingkat SMA.

Penelitian tindakan kelas yaitu suatu bentuk inquiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri dimana dilakukan oleh penerima yang terlibat dalam situasi yang diteliti, menyerupai guru, siswa, atau kepala sekolah. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan. Penelitian tindakan kelas mempunyai tujuan memperbaiki: dasar pemikiran dan kepantasan dari praktik-praktik, pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau forum daerah praktik tersebut dilaksanakan.

Berikut yaitu contoh-contoh penelitian tindakan kelas (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Kelompok Bermain yang kami kumpulkan dari banyak sekali sumber beserta tautan downloadnya secara gratis dan gampang untuk Anda:


1.MENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELOMPOK B1 RA PERWANIDA 02 SLAWI – Daroah
ABSTRAK
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang sanggup meningkatkan kemampuan bahasa anak, sebab bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, supaya metode bercerita tidak membosankan maka seiring dengan perkembangan teknologi metode bercerita dituangkan dengan proteksi media audio visual, sehingga pembelajaran dengan metode bercerita pada anak usia dini tidak membosankan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuatkan kemampuan bahasa pada anak; 2) memperlihatkan pembelajaran yang menyenangkan melalui metode bercerita dengan media audio visual di kelompok B1 Ra Perwanida 02 Slawi.
Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiannya anak didik kelompok B1 di RA Perwanida 02 Slawi, yang terdiri dari 32 anak, di Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Teknik analisis data yang dipakai yaitu deskriptif persentatif dan deskriptif kegiatan anak anak didik.
Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik kelompok B1 Ra Perwanida 02 Slawi lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun sesudah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan memakai media audio visual, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 75%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi sasaran penelitian yaitu 85%, Begitu pula dengan guru lebih gampang dalam memberikan metode bercerita, dan memperlihatkan pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: pembelajaran melalui metode bercerita dengan media audio visual sanggup dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak, untuk itu disarankan pada semua guru sanggup memperlihatkan kegiatan bercerita dengan proteksi media audio visual sehingga sanggup menarik dan menyenangkan anak.

Di bawah ini kami sediakan link untuk mengunduh file tersebut secara lengkap:

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAUD dan TK


Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan supaya mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

Contoh Judul dan Laporan PTK PAUD dan Kelompok Bermain

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
Sumber http://www.informasiguru.com/