Beranda Berita Kisi-Kisi Soal Pretest Ppg Dalam Jabatan Tahun 2018

Kisi-Kisi Soal Pretest Ppg Dalam Jabatan Tahun 2018

24
0
kisi Soal Pretest PPG dalam Jabatan Tahun  Kisi-kisi Soal Pretest PPG dalam Jabatan Tahun 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan hukum gres dalam agenda sertifikasi guru. Mulai tahun 2018, agenda sertifikasi guru dilaksanakan melalui pola Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikasi guru melalui pola PPG dalam Jabatan (PPGJ) bagi guru yang sudah mengajar ini membutuhkan waktu lebih usang dibanding dengan pola sertifikasi guru sebelumnya, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Seleksi calon penerima PPGJ dilakukan melalui ujian (pretest) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Kemenristek Dikti bersama Kemendikbud telah menerbitkan kisi-kisi soal pretest PPGJ tahun 2018. Untuk mendapat kisi-kisi soal pretest PPGJ sertifikasi guru tahun 2018 sanggup didownload melalui laman SIM PKB Guru. Terlebih dulu guru harus login ke akun SIM PKB untuk mendapat link/tautan untuk mendownloadnya.

Kisi-kisi soal pretest PPGJ 2018 masih mengacu pada kisi-kisi pretest PPG versi rilis terakhir. Untuk sekedar mengatuhi lingkup materi yang diujikan, guru sanggup mempelajari kisi-kisi prestest PPG. Walaupun cakupan materi dalam kisi-kisi tersebut sangat luas atau tidak operasional setidaknya sanggup menjadi materi bagi guru untuk memilih materi yang dipelajari. Kisi-kisi seleksi pretest PPGJ 2018 sanggup didownload melalui tautan berikut ini:

Untuk mempermudah guru dalam menghadapi ujian pretest PPGJ tahun 2018, sanggup dilakukan dengan mendownload kumpulan atau pola soal latihan pretest PPGJ yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga sanggup dipelajari untuk persiapan menghadapi pretest PPG dan kesannya mendapat nilai yang memuaskan serta sanggup mengikuti sertifikasi guru tahun 2018. Soal yang diujikan pada pretest PPG terdiri dari kompetensi pedagogik dan profesional.

Baca: Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG untuk Guru SD

Pretest PPGJ tahun 2018 akan dilakukan secara online dengan sistem komputerisasi. Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin akar sanggup mengerjakan soal pretest PPGJ dengan baik dan memperoleh nilai yang manis dan sanggup lulus seleksi calon penerima PPGJ. Bagi guru yang mengikuti PPGJ yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus akan mendapat akta pendidik dan berhak mendapat derma profesi guru.

Rekomendasi :   Tunjangan Sudah, Guru Harus Disiplin Dan Berprestasi