Home English Letter Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter)

Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter)

145
0
Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter) – Pasar pekerjaan sekarang ini sangat kompetitif. Banyak orang-orang menginginkan sebuah perkerjaan yang layak dan pantas, mereka berkompetisi untuk mendapatkannya. Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin melayangkan surat lamaran kerja kepada suatu instansi atau perusahaan asing atau dalam negeri dengan menggunakan bahasa Inggris? Kali ini penulis menghadirkan artikel mengenai bagaimana menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris (job application letter).
Kompetisi untuk mendapatkan suatu pekerjaan dimulai dari menulis surat lamaran pekerjaan. Terdapat banyak pelemar pekerjaan yang melayangkan surat lamaran pekerjaan, maka dari itu surat lamaran pekerjaan anda harus menarik dan impressiv pembaca. Surat lamaran pekerjaan dibuat agar si penulis dipanggil untuk interview. Surat lamaran pekerjaan baiknya terdiri dari satu lembar surat saja, yang terdiri dari 3-4 paragraph saja. Surat lamaran pekerjaan anda harus mudah dibaca (readable) dan mudah dimengerti. Anda harus memilih nada surat yang positif dan hindari tata-grammar yang salah.
Terdapat tiga unsur penting dalam surat lamaran pekerjaan, yaitu Introduction, Body dan Conclusion. Introduction (pengenalan), di bagian ini, anda harus menuliskan posisi anda bahwa tertarik pada pekerjaan tersebut dan alasan anda mengapa anda menulis surat lamaran pekerjaan tersebut. Anda juga harus menuliskan bagaimana anda mendapatkan info mengenai pekerjaan tersebut.
Setelah menulis bagian introduction (pengenalan), bagian selanjutnya adalah menulis body (isi) surat lamaran pekerjaan. Pada bagian body (isi) surat lamaran pekerjaan, anda harus menjelaskan keahlian dan pengalaman yang anda miliki. Pilih keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan. Anda juga bisa menuliskan riwayat pendidikan anda. Ingat tulis secara jelas tanpa bertele-tele.
Bagian terakhir dari surat lamaran pekerjaan adalah conclusion (kesimpulan). Bagian ini adalah bagian di mana anda menuliskan keinginan dan harapan anda untuk dipanggil interview. Anda juga menuliskan bagaimana instansi atau perusahaan untuk menghubungi anda jika anda dipanggil untuk interview. Anda bisa menjatumkan E-mail dan nomor handphone anda.
Untuk lebih memahami bagaimana menulis surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan benar, alangkah baiknya untuk melihat Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris.

Lihat juga artikel lain yang berkaitan dengan Surat Bahasa Inggris.