Beranda Berita Tanya-Jawab Seputar Cara Menciptakan Kegiatan Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

Tanya-Jawab Seputar Cara Menciptakan Kegiatan Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

52
0
 Create Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun  Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

SOLUSI MEMBUAT JADWAL PELAJARAN PADA APLIKASI DAPODIK 2018


Salam pendidikan dan salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan yang baik ini kami menyajikan goresan pena yang berjudul Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018. Harapan kami dengan adanya goresan pena ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada kita bersama terkait solusi atau cara dalam menciptakan jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi 2018 ini.

Baiklah, kami segerakan saja untuk menyajikan tanya-jawab perihal bagaimana cara atau solusi dalam menciptakan jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi terbaru. Mari kita simak bersama sesi tanya-jawab tersebut ibarat berikut:
#Tanya: Bagaimana seandainya dalam satu (1) ruang kelas dibentuk menjadi dua (2) rombel bahkan tiga (3) rombel?
*Jawab : Solusi atau cara dalam menyiasatinya bisa dengan cara mengurutkan jam pembelajaran yang berjalan dalam satu (1) ruang kelas tersebut diubahsuaikan dengan waktu yang urut. Skemanya boleh dibentuk menjadi model Kelas Pagi dan Kelas Siang.
Contoh sebagai citra yaitu sebagai berikut; Kelas Pagi dimulai dari jam pelajaran ke 1,2,3,4,5 dan 6, sedangkan untuk Kelas Siang dimulai dari jam pelajaran ke 7,8,9,10,11 dan 12. 
Catatan: Sistem dengan denah Kelas Pagi Kelas Siang jangan sekali-kali menciptakan data prasarana ruang kelas gres jikalau memang tidak ada prasarana yang tersedia.
#Tanya: Bagaimana apabila dalam praktenya ternyata ruangan kelas dibagi menjadi dua (2) menggunakan sekat triplek/ tidak permanen?
*Jawab: Pada isian prasarana ruang kelas diharap tetap dianggap hanya satu (1) ruang saja. 
#Tanya: Kenapa di dalam jadwal terdapat deteksi validasi dan apabila PTK mengajar pada urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di aplikasi?
*Jawab: Wajib pastikan tidak ada jam yang bertabrakan (tidak boleh sama) dalam pengisian jadwal pelajaran tersebut. Jumlah slot jam pada jadwal pelajaran yaitu merupakan jumlah dari jam yang diinputkan di pembelajaran. Harus dipastikan bahwa jumlah jamnya telah sesuai antara pembelajaran dan jadwal serta telah terbagi semuanya dan tidak jadwal yang saling bertabrakan antar rombel yang ada.
Pengertian dari jadwal bentrok/ bertabrakan yaitu saat seorang PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.
#Tanya: Pada potongan pengisian jadwal tersebut terdapat baris yang warna merah. Apa penyebab munculnya warna merah tersebut dan apa pula dampaknya?
*Jawab: Apabila terdapat jadwal yang ternyata tidak urut, contoh: contohnya dari jam pembelajaran ke-2 lompat ke jam pembelajaran ke-4 yang disebabkan oleh lantaran diselingi mapel yang ada di kelompok pemanis yang tidak masuk pada jadwal aplikasi dapodik tersebut niscaya berdampak pada tampilan yang tidak urut dan kesudahannya akan terlihat warna merah ibarat pada gambar di bawah ini:


 Create Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun  Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018
Akan tetapi jangan terlalu khawatir lantaran hal ini bahwasanya oke-oke saja dan tidak akan menghambat proses sinkronisasi yang akan berdampak pada peringatan “Sync Invalid”. Pada intinya, hal ini tidaklah bermasalah dan hanya berdampak pada tampilan jadwal yang tidak urut saja.
#Tanya: Disebabkan lantaran adanya kekurangan jumlah tenaga guru, lantas ada pola kasus bahwa satu (1) guru ternyata mengajar lebih dari satu (1) rombel. Lantas bagaimana solusi/ cara menginput di jadwal pelajaran?
*Jawab: Apabila memang kenyataanya ibarat pola kasus di atas maka diperbolehkan dan tidak ada problem sama sekali. Cara inputnya persis ibarat pertanyaan yang kami sajikan pada goresan pena pertanyaan nomor 1 di muka, pastikan tidak ada jadwaal yang bentrok/ bertabrakan (mengajar pada urutan jam yang sama pada hari yang sama). Karena sistem validasi aplikasi akan secara otomatis menolak inputan jadwal yang bentrok/ bertabrakan.
#Tanya: Lalu bagaimana untuk jadwal upacara, istirahat  dan ekstrakurikuler?
*Jawab: Untuk tiga (3) hal tersebut tidak usah diinputkan ke dalam jadwal lantaran hanya mata pelajaran tatap muka yang sesuai Kurikulum saja yang wajib diinputkan ke dalam jadwal pelajaran di aplikasi dapodik 2018. Upacara, Istirahat dan Ekstrakurikuler serta kegiatan kokurikuler lainnya tidak wajib diinput ke jadwal.
#Tanya: Bagaimana solusi dan cara menginput pada mapel Agama, saat ternyata yang diajar terdapat lebih dari 1 agama?
*Jawab: Solusi untuk sementara yaitu cukup dengan cara menentukan satu (1) agama yang lebih banyak didominasi demi menghindari deteksi jadwal yang bertabrakan/bentrok.
#Tanya: Bagaimana cara mengisi jumlah jam pada guru BK untuk Kurikulum 2013/ K-13 dan KTSP 2006?
*Jawab: Untuk jumlah jam pada pembelajaran silahkan diisi dengan 0 jam supaya tidak muncul slot jam pada sajian Jadwal. Hal tersebut dilakukan dengan alasan lantaran beban mengajar guru BK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru BK.
#Tanya: Mengisi jam guru TIK untuk kurikulum 2013?
Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam biar tidak muncul slot jam pada sajian  Jadwal. Karena beban mengajar guru TIK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru TIK.
Pertanyaan : Bagaimana cara mengisi jam guru TIK pada sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP 2006?
*Jawab: Bagi guru TIK yang mengajar pada kurikulum KTSP, berhubung jam mapel Teknologi Informasi dan Teknologi masuk pada jam wajib/ wajib tambahan, maka wajib diinputkan ke dalam sajian jadwal lantaran mempunyai slot jam pada jadwal.

Rekomendasi :   17 Pola Ptk Teknik Bangunan Smk Download Pdf Terbaru

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

Semoga sebaran warta ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
Sumber http://www.informasiguru.com/