Home Fisika Sifat Bayangan Cermin Datar

Sifat Bayangan Cermin Datar

44
0

Sejarah Tentang Cermin

Sifat Bayangan Cermin Datar – Apa itu cermin datar ? untuk mernjawab pertanyaan tersebut maka simaklah penjelasan berikut ini.

Sifat Bayangan Cermin Datar

Pada ribuan tahun yang lalu tepat sebelum masehi, kota mesir rakyatnya memiliki kebiasaan untuk menggosok permukaan perunggu sampai bersih dan mengkilap.

Nah, peringgu tersebut di gunakan sebagai cermin di jaman tersebut. selain di kota mesir, pemanfaatan perunggu menjadi benda lebih bermanfaat juga di lakukan di negeri china.

Bedanya di china perunggu tersebut di patri hingga membentuk nama yang di percaya akan membawa keberuntungan. Lalu tidak lama cermin mulai di gunakan berbagai daerah.

Namun, siapa sangka cermin yang biasa kita gunakan  sehari – hari adalah penemuan oleh seorang ahli kimia dari jerman pada abad ke 19. Ahli kimia dari jerman ini bernama  Justus von Liebig.

Penemuan ini di lakukan dengan cara membuat permukaan kaca dengan menyepuh menggunakan air kasa. Proses inilah yang menjadikan cermin datar bersifat memantul.

Selain itu pantulannyapun sangat jelas dan berlangsungnya waktu cermin datar ini bahan pembuatannya di perbaui.

Pengertian

Cermin datar merupakan cermin yang bentuk permukaanya datar dengan meyerupai garis lurus. Selain itu pada byanagn benda yang terbentuk memiliki dimensi ukuran panjang dan lebar sehingga akan tampak sama persis dengan dimensi benda.

Jarak yang dihasilkan cermin dengan bayangan sama dengan hasil jarak atara cermin dengan benda. Cermin datar memiliki sifat bayangan yang di bentuknya adalah maya, tegak, dan besarnya sama. Beberapa contoh cermin datar adalah seperti cermin rias dan cermin pada lemari baju.

Rumus

Sifat Bayangan Cermin Datar

Adapun formula untuk menghitung jumlah bayangan yang di bentuk dari cermin datar yang telah di susun menggunakan sudut α adalah sebagai berikut :

Sifat Bayangan Cermin Datar

Dengan keterangan sebagai berikut :

n : jumlah bayangan yang terbentuk

α : sudut yang terbentuk dari 2 cermin

Jarak benda sama dengan jarak bayangan yang telah di hasilkan. Pasalnya seseorang yang ingin melihat bentuk badanya secara menyeluruh maka dirinya harus berkaca di cermin yang cukup panjang.

Panjang minimal cermin untuk melihat seluruh badan dapat ditentukan dari sebuah rumus. Rumus menentukan panjang minimal untuk menangkap tinggi badan tertentu dapat dilihat pada persamaan di bawah ini.

Rumus

Sifat Bayangan Cermin Datar

Sifat bayangan cermin datar yang terbentuk maya, tegak dan sam besarnya.

Ciri – Ciri

Cermin datar sesuai dengan namanya bahwa cermin ini memiliki bentuk datar sehingga tidak akan melengkung. Selain itu bayangan cermin ini juga memiliki sifat tegak, maya dan sama besarnya.

Beberapa manfaat dari cermin ini sudah sering di manfaatkan sehari  – hari. Selain itu biasanya juga sebagai komponen dari benda lain yakni periskop.

Pada umumnya cermin ini terbuat dari bahan yang memiliki lapisan menyerupai alumunium dengan tambahan komponen kepingan kaca. Cermin datar juga sering di sebut dengan sepuh belakang.

Pasalnya cermin ini memiliki permukaan yang mampu memantul dan menangkap dengan media kepingan kaca. Dengan metode penyepuhan cermin dengan menggunakan kaca maka akan membuat cermin semakin tahan lama.

Meski demikian metode tersebut menjadikan kualitas cermin semakin menurun karena adanya pembiasan pada permukaan depan cermin.

Sifat – Sifat Bayangan

Adapun beberapa sifat cermin datar saat tersentuh cahaya di antaranya sebagai berikut :

  • Akan menghasilkan bayangan pada objek menjadi tegak dan semu
  • Bayangan semu adalah bayangan yang dapat di lihat dalam cermin namun tempat bayangannya tidak dapat di temukan pada cahay pantul
  • Bayangan yang di hasilkan memiliki bentuk dan besar yang sama persis dengan objek sebenarnya
  • Jarak bayang objek sama dengan jarak objek pada cermin
  • Di bagian kanan pada bayangannya maka itu adalah bagian kiri pada objek sebenarnya, begitu sebaliknya

Manfaat

Adapun beberapa manfaat dari cermin datar di atarnya sebagai berikut :

  • Merambat pada cahaya dengan lurus
  • Refleksi gambar yang  di jadikan maya
  • Biasa sebagai komponen pelengkap priskop
  • Bahan teropong prisma
  • Sebagai pembangkit surya
  • Sebagai pemanas untuk energi surya

Contoh Soal

Dua cermin berbentuk datar yang telah di pasang terbentuk menyerupak sudut 60 derajat. Kemudian ada sebauh objek berupa sepatu yang di letakan di antara ke dua cermin tersebut, maka berapakah bayangan yang dapat di hasilkan pada dua cermin tersebut?

A. 5 buah
B. 6 buah
C. 7 buah
D. 8 buah

Pembahasan:

Sifat Bayangan Cermin Datar

n = 5 buah

maka jumlah bayangan yang dapat di hasilkan adalah 5 buah.

F.A.Q

Apa itu cermin datar ?

Cermin datar merupakan cermin yang bentuk permukaanya datar dengan meyerupai garis lurus. Selain itu pada byanagn benda yang terbentuk memiliki dimensi ukuran panjang dan lebar sehingga akan tampak sama persis dengan dimensi benda.

BACA JUGA :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here