Home Fisika Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

54
0

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis – Mitosis dan meitosis adalah proses pembelahan yang berbeda – beda. Tujuan dari kedua pembelahan ni adalah untuk membentuk sel – sel baru dari sel yang sudah ada.

Nah, dari situlah pembelahan di kenal dengan mitosis dan meitosis. Adapun gambar pembelahan keduanya adalah seperti dibawah ini :

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Secara umum memang tujuan pembelahan seperti yang di jelaskan sebelumnya. Namun, tetap saja keduanya memiliki perbedaan pada tujuan dan hasil pembelaha.

Pembelahan mitosis

Pembelahan ini adalah sebuah proses pembelahan yang ada pada inti sel dan hasilnya sel baru berjenis kromosom yang sama dengan sel sebelumnya.

Pembeahan ini secara genetik akan membentuk dua sel yang identik. Pasalnya sifat genetik ini akan di wariskan pada sel barunya. Adapun berikut ini gambar pembelahan mitosis sebagai berikut :

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Umumnya pembelahan ini akan terjadi pada setiap makhluk hidup meskipun prosesnya tidak secara langsung. Di katakan tidak langsung karena pembelahan ini perlu banyak tahapan.

Berikut ini adalah tahapan pembelahan mitosis di antaranya sebagai berikut :

Profase (fase pertama mitosis)

Tahapan pertama pembelahan jenis ini yakni dengan membran inti sel menjadi rusak sehingga membentuk serpihan – serpihan (frigment).

Kemudian dengan berjalannya waktu membran ini  membentuk sebuah benang kromatin. Benang ini mulai padat sehingga akan membentuk kromosom yang akan mengalir menuju ke titik tengah sel.

Metafase (metaphase)

Tahapan ini adalah proses benang gelendong sudah mulai menampakan wujud dengan jelas. Nantinya kromosom seperti berjalan sejajar di ruang ekoator sel.

Kemudian benang – benang akan muncul hingga ke kutub, namun tidak akan melekat di sentromer. Selanjutnya, sentromer membelah sehingga membentuk kromatid yang lama – lama membentuk kromosom tunggal.

Anafase (anaphase)

Tahap ini kromosom yang awalnya terikat menjadi terpisah sehingga membelah menjadi 2 bagian sama tetapi menuju ke arah berbeda. Tahap ini akan memiliki kromosom pada ujung selnya dan sama sari segi serta banyaknya.

Telofase (telophase)

Tahap ini adalah tahap pembelahan mitosis yang paling akhir. Pasalnya kromosom sudah terletak di kutub maka nukleus akan muncul kembali.

Kemudian kromatid nantinya akan meghilang saat sitoplasma menjadi tebal. Setelah itu membran pada sel akan memisah dari dua sel yang sebelumnya.

Pembelahan Meiosis

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Pembelahan ini merupakan pembelahan yang ada pada sel reproduksi dengan tujuan membentuk 4 sel baru dengan jumlah kromosom lebih banyak.

Proses Pembelahan Meiosis I

Beberapa tahapan pembelahan meiosis I adalah sebagai berikut :

Profase

Pembelahan ini di tandai dengan kerusakann pada membran di inti sel sehingga muncul fragment, kemudian membentuk sebuah gelendong pembelahan. Tahap ini akan menghilangkan benang kromatin yang kemudian menjadi kromosom yang akan berpasangan dengan homolog.

Metafase (metapahse)

Tahap ini kromosom akan mulai sejajar di ekuator sel. Selain itu proses lain pada tahap ini seperti benang spindle yang melekat di setiap sentomer kromosom yang sudah ada.

Di ujung benang menyebar dan terlekat dengan  2 kutub pembelahan sel yang berlawanan.

Anafase (Anaphase)

Tahap ini di tandai dengan penarikan kromosom homolog  pada benang spindle ke arah yang berbeda – beda.

Telofase (telophase)

Tahap ini merupakan taha terakhir dengan di tandai  kromosom  sudah berada di kutub untuk pembelahan.

Proses Pembelahan Meiosis II

Beberapa tahapan pembelahan meiosis II sebagai berikut :

Profase (Prophase)

Tahap ini di tandai dengan kerusakan membran sel inti yang kemudian muncul serpihan. Selanjutnya kromatid akan mengalir ke tengah sel dan menjadi sebuah gelendong.

Metafase (Metaphase)

Tahapan ini merupakan dimana metapahse yakni kromosom mulai sejajar dengan sel di bidangnya yang awalnya tidak beraturan.

Anafase (Anaphase)

Tahap ini merupakan proses kromatid  terpisah dengan lainnya dan menuju ke kutub yang berbeda.

Telofase (Telophase)

Tahap ini terakhir karena nukleus berbentuk dan kromosom terurai sehingga terbentuklah kromatin yang selanjutnya ke proses sitokinesis.

Dari penjelasan di atas maka sebenarnya pembelahan mitosis dan meiosis memiliki perbedaan yang jelas pada prosesnya, dimana mitosis 1proses pembelahan sedangkan meisosin 2 proses pembelahan.

F.A.Q

Apa yang perbedaan paling mencolok dari pembelahan mitosisi dan meitosis?

Pembelahan mitosis dan meiosis memiliki perbedaan yang jelas pada prosesnya, dimana mitosis 1proses pembelahansedangkan meisosin 2 proses pembelahan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here