Home Fisika Kesetimbangan Benda Tegar

Kesetimbangan Benda Tegar

34
0
Kesetimbangan Benda Tegar

Artikel makalah membahas tentang Kesetimbangan Benda Tegar dalam kehidupan sehari-hari, pengertian contoh dan jawabannya supaya mudah di pahami.

Apa Kesetimbangan Benda Tegar itu,,, hal ini merupakan salah satu perumusan dalan ilmu fisika dan matematiha sehingga hal tersebut dapat bergerak dengan kecepatan yang konstan, Nah begi sobat yang masih bingung dalam pempelajari Kesetimbangan Benda Tegar langsung saja simak artikel kami di bawah ini:

Pengertian Benda Tegar

kesetimbangan

Benda tegar adalah sebuah benda yang bentuknya tidak berubah ketika akan diterapkan gaya dan objek yang dianggap sebagai titik dari ukuran yang dapat di ukur dengan benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam sistem partikel.

Maka dalam kesetimbangan dapat bekerja pada objek hanya yang bertindak pada titik materi yang menyebabkan gerakan translasi (ΣF = 0). sehingga hal ini dapat membentuk keseimbangan tubuh yang kaku.

Dalam keadaan seimbang benda tegar terkadang dapat digunakan untuk menentukan suatu benda yang bentuk nya geometrin sehingga selalu dapat dipertahankan meski diberi gaya.

Benda yang tegar dapat mempertahankan bentuknya dengan melalui aksi dari kekuatan bentuk yang selalu diperbaiki dengan gerakan translasi atau rotasi sehingga keadaan dan bentuknya tidak berubah.

Jika ditinjau pada partikel sistem keseimbangan yang diperlukan pada perubahan benda maka di bawah ini kami akan memberikan beberapa jenis kesetimbangan benda tegar.

Baca Juga: Persilangan Dihibrid

Jenis Jenis Kesetimbangan

Dari ulasan di atas, maka di sini juga kami akan memberikan beberpa jenis yang sering ditemui dalam sifat kesetimbangan pada suatu objek.

Berikut jenis jenis kesetimbangan benda tegar di antaranya adalah:

A. Kesetimbangan Stabil

Kesetimbangan Stabil adalah salah satu objek benda yang stabil yang dapat di gunakankan sebagai memberi objek gaya yang sangat kecil restoratif yang akan terjadi pada gravitasi pada saat mencoba mengembalikan objek ke posisi semula.

jenis-pusat-berat

Untuk lebih jelas nya perhatikan pada gambar di bawah ini:

Kesetimbangan-strabil

B. Kesetimbangan Labil

Kesetimbangan Labil adalah salah satu keseimbangan yang akan dialami dari suatu objek sehingga dapat dikembalikan pada posisi yang semula dan kemudian dapat melakukan pergerakan dengan gaya atau torsi yang akan dihasilkan.

Objek semula pada pusat gravitasi setelah bergerak ke kanan titik yang meluap dengan pantulan benda tumpang tindih dan akan memutar pada objek yang keluar dari posisi semula.

Kesetimbangan-Labil

Untuk lebih jelas nya perhatikan pada gambar di bawah ini:

animasi-kesetimbangan-labil

Baca Juga: Persilangan Monohibrid

C. Kesetimbangan Netral

Kesetimbangan Netral adalah sebuah objek dengan kesetimbangan yang akan dialami oleh suatu benda dengan pergerakan dari pusat gravitasi sehingga tidak terjadi gangguan yang di alami.

Bola yang di letakan pada titik tengah yang dapat menghentikan gerakan pada posisi yang baru sehingga dapat kembali pada posisi semula dan tidak bergerak lebih jauh dari posisi titik awal.

Untuk lebih jelas nya perhatikan pada gambar di bawah ini:

kesetimbangan-netral

Aplikasi Kesetimbangan Benda Tegar

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa aplikasi yang sering terjadi pada kesetimbangan benda pada kehidupan.

Berikut aplikasi pergerakan nya adalah sebagai berikut:

  • Jembatan kantilever
  • Jembatan gantung
  • Pemikul keranjang buah
  • Ayunan dalam kondisi diam
  • Layar LCD gantung
  • Dan lain-lain

Syarat Kesetimbangan Benda

Dalam mempelajari konsep kesetimbangan objek dengan melakukan percobaan benda tegar maka akan terjadi perubahan bentuk sehingga akan berpengaruh pada gaya dari suatu benda-benda dengan idealisasi.

Maka dalam perubahan bentuk pada saat melakukan kesetimbangan pada suatu benda dengan gaya dan momentum yang dihasilkan sama dengan nol.

Sebnuah kesetimbangan akan menjadi:

1. Benda yang bergerak lurus beraturan

Contohnya:

  • Pada pergerakan meteor di dalam ruang yang hampa
  • Pergerakan kereta api yang akan melintas dari luar kota
  • pergerakan elektron yang mengelilingi atom.

2. Benda yang diam

Benda yang diam adalah suatu objek dengan pergerakan yang diam pada arah rotasi horizontal atau vertikal.

Contohnya :

  • Bangunan gedung
  • Jembatan
  • Pelabuhan

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan Kesetimbangan Benda Tegar serta pengertian, jenis dan contoh gambarnya, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Interferensi Cahaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here