Home Fisika 1 Ampere Berapa Watt

1 Ampere Berapa Watt

25
0

Apakah kalian mengetahui 1 Ampere Berapa Watt? Jika kalian belum mengetahuinya maka kalian bisa nih menyimak sambil belajar dari artikel ini sobat.

Cara belajarnya mudah kok sobat kalian hanya membaca setiap penjelasan yang kami berikan, maka kemudian kalian bisa langsung mengerti deh 1 Ampere Berapa Watt.

Satuan ampere merupakan satuan yang ada dalam kelistrikan jadinya kita juga akan membahas sedikit soal listrik ini.

Karena listrik adalah Sumber Energi terpenting pada zaman modern ini. Karena mayoritas teknologi pada zaman sekarang ini digerakan oleh listrik.

Nah untuk satuan listrik itu ada 3 yaitu watt, ampere dan volt atau voltase. Lalu 1 Ampere itu berapa watt sih? Bagi anda yang awam soal ilmu kelistrikan pastinya hal itu sudah menjadi suatu hal yang wajar untuk dipertanyakan dan sudah menjadi suatu hal yang perlu untuk kita ketahui.

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh sebaiknya kita mengenal dulu satuan-satuan dalam dunia kelistrikan agar pengetahuan soal kelistrikan kalian lebih luas.

Satuan-satuan Dalam Dunia Kelistrikan

1 ampere = volt

Dalam dunia kelistrikan itu terdapat 3 satuan yaitu voltase/volt, watt, dan ampere, kemudian apakah kalian tahu soal definisi dari volt, watt dan ampere? Jika tidak kalian bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

Definisi Voltase

Volt ialah satuan listrik yang berguna menyatakan besaran dari Tegangan listrik yang dihasilkan atau yang dibutuhkan dari berbagai macam sumber listrik.

Berbagai jenis alat listrik yang memakai satuan volt bisa kita jumpai dalam alat listrik yang adadi rumah, misalnya Lampu yang tertulis 220Volt, Mesin Cuci 220Volt, sert lain sebagainya.

Besaran dari tegangan listrik yang dibutuhkan agar dapat menyalakan berbagai macam alat listrik itu dinyatakan kedalam Satuan Volt.

Selain dari itu, Satuan Volt bisa kita jumpai diberbagai pembangkit listrik, misalnya Genset 220Volt, Genset 380 Volt atau 220Volt 3 fasa, serta lain sebagainya.

Jadi untuk besaran tegangan listrik yang bisadihasilkan dari berbagai macam pembangkit listrik itu ialah Satuan Volt.

Definisi Watt

Watt ialah satuan listrik untuk menyatakan sebuah besaran daya (Power) dari berbagai macam peralatan listrik. Satuan Watt ini ditemukan oleh orang yang benama James Watt yakni seorang penemu yang berkebangsaan Skotlandia.

Satuan watt secara umumnya bisa kita jumpai diberbagai peralatan listrik yang biasa dipakai didalam rumah misalnya Lampu, Mesin cuci, Setrika, Pompa air, dan lain sebagainya.

Agar dapat mennyalakan peralatan listrik itu dapat digunakan satuan Watt yang dimana menyatakan seberapa besarkah daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin tersebut.

Selain dari itu, satuan Watt juga bisa kita temukan dalam peralatan listrik lainnya, misalnya Genset 1000Watt, Stabilizer 500Watt, dan lain sebagainya.

Jadi satuan Watt itu menyatakan seberapa besarkah daya listrik yang bisa ditanggung oleh berbagai macam alat listrik itu.

Definisi Ampere

Besaran arus listrik yang dapat mengalir dialat listrik yang dipakai memakai satuan Ampere. Satuan Ampere bisa juga kita temui didalam berbagai jenis peralatan listrik yang ada di rumah, misalnya MCB, Stopkontak, dan lain sebagainya.

Satuan Ampere dimana menyatakan seberapa besarkah arus listrik maksimal yang bisa dialirkan melalui alat listrik itu.

Setrika listrik 220watt sama saja 1 Ampere, Mesin cuci 450Watt sama saja 2Ampere, dan lain sebagainya ialah macam-macam peralatan listrik yang memakai satuan ampere. Satuan Ampere disini sudah menyatakan besaran Arus yang sudah mengalir pada saat alat listrik itu dinyalakan.

Setelah kalian mengetahui definisinya masing-masing maka selanjtnya kalian harus mengetahui juga hubungan antara volt, watt dengan ampere. Untuk menjelaskan hubungan itu kami akan menguraikannya dibawah ini.

Hubungan antara Volt, Watt dengan Ampere

1 ampere = watt

Volt ialah satuan Tegangan listrik yang pertama kali dibuat dari pembangkit listrik baik itu di PLN dan Genset.

Tanpa adanya tegangan listrik yang dibuat maka tak akan bisa menghasilkan satuan watt ataupun ampere. Jadi alangkah baiknya apabila kita mengetahui terlebih dulu satuan Volt.

Seberapa besarkah nilai tahanan di sebuah alat listrik yang mempengaruhi besaran Arus listrik yang sudah mengalir dari sumber listrik lalu menuju Alat listrik. Hal itu biasa kita sebut dengan Daya listrik didalam satuan Watt.

Jadi semakin besar nilai dari Resistan (Ohm) di suatu alat listrik, maka semakin kecil juga daya (Watt) yang diinginkan, serta semakin kecil arus listrik (Ampere) yang sudah dibuat, dengan besar tegangan (Volt) akan tetap.

Semakin kecil nilai dari Resistan (Ohm) disebuah alat listrik, maka semakin besar juga daya (Watt) yang diinginkan, serta semakin besar juga arus listrik (Ampere) yang akan dihasilkan, dengan besar tegangan (Volt) akan tetap.

Semakin Besar dari Tegangan listrik (Volt) yang dipakai, maka semakin kecil juga arus listrik (Ampere) yang akan dihasilkan dengan beban daya yang sama.

Semakin kecil tegangan listriknya (Volt) yang dipakai, maka semakin besar juga arus listrik (Ampere) yang akan dihasilkan dengan beban daya (Watt) yang sama.

Nah untuk mengetahui 1 Ampere Berapa Watt kalian harus menyimak contoh soal berikut ini.

Untuk menghitungnya kalian cukup menggunakan rumus berikut ini:

P = V x I
P ialah simbol daya listrik (watt)
V adalah simbol tegangan listrik (Volt)
I adalah simbol kuat arus listrik (ampere)

Aki mobil ataupun motor mempunyai tegangan jauh lebih rendah yaitu hanya 12 volt. Sehingganya daya listrik yang ingin disuplai pada setiap satu ampere pasti berbeda dengan contoh yang paling pertama ;

P = V x I = 12 x 1 = 12 watt

Artinya dalam mobil disetiap satu ampere arus terus mengalir maka hanya dapat menyuplai beban listrik yaitu 12 watt.

Listrik rumah mempunyai tegangan 220 Volt, maka daya yang dapat disuplai pada setiap satu ampere ialah sebagai berikut ;

P = V x I = 220 x 1 = 220 watt.

Itu artinya, disetiap satu ampere listrik akan mengalir jadi mampu menyuplai kebutuhan listrik sampai 220 watt.

Maka kesimpulannya yakni pada saat ada pertanyaan yaitu 1 ampere berapa watt ? maka jawabannya sangat bervariasi tergantung dengan tegangan listriknya dikarenakan semakin besar Daya (Watt) jadi semakin besar juga Arus listrik yang akan dihasilkan (Tegangannya juga akan tetap), begitu juga dengan sebaliknya.

Nah itulah pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih sudah berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here