Beranda Info SBMPTN Materi Ujian Sbmptn 2018 Soshum, Saintek, Dan Ipc

Materi Ujian Sbmptn 2018 Soshum, Saintek, Dan Ipc

58
0
 pelajar kelas XII akan disibukkan dengan banyak sekali persiapan ujian ibarat Ujian Nasional  Materi Ujian SBMPTN 2018 Soshum, Saintek, dan IPC
Ilustrasi, Suasana Ujian SBMPTN

Jakarta : Memasuki awal tahun 2018 pelajar kelas XII akan disibukkan dengan banyak sekali persiapan ujian ibarat Ujian Nasional (UN) dan juga bagi yang ingin melanjut ke jenjang pendidikan lebih tinggi (negeri) harus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seleksi ujian masuk perguruan tinggi tinggi negeri terbagi menjadi dua, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Jenis-jenis Soal TPA SBMPTN 2018 Beserta Soalnya

Namun pada kesempatan ini kami hanya membahas mengenai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Yang mana jenis ujian ini bisa juga diikuti oleh alumni Sekolah Menengan Atas sederajat lulusan tahun 2016 dan 2017.

Adapun kelompok pilihan (jurusan) di Seleksi SBMPTN 2018 terbagi menjadi tiga pilihan yakni Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa salah satunya saja.

Kelompok soal ujian yang akan dikerjakan oleh seluruh calon mahasiswa terdiri atas soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) sesuai dengan pilihan jurusan mereka.

Calon mahasiswa yang menentukan pilihan jurusan Saintek pada SBMPTN 2018 maka mereka akan mengerjakan soal-soal TKD yang bekerjasama dengan jurusan Saintek (IPA), bagi mereka yang mengambil pilihan jurusan Soshum maka mereka akan mengerjakan soal-soal TKD yang bekerjasama debgan jurusan Soshum (IPS)

Sedangkan calon mahasiswa yang mengambil pilihan jurusan adonan maka mereka akan mengerjakan TKD keduanya (Saintek dan Soshum)

Baca juga: Simak Baik-baik, Persyaratan Pendaftaran Penerimaan SBMPTN 2018

Mata pelajaran (materi) ujian dari TKS Saintek terdiri atas Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan bahan untuk TKD Soshum terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Rekomendasi :   Alumni: Menyebarkan Pengalaman Taktik Sukses Sbmptn 2018

Selain itu khusus bagi penerima ujian SBMPTN yang mengambil jadwal studi (prodi) seni, olahraga maupun PGSD akan mendapat tes embel-embel berupa ujian keterampilan

Para penerima yang menentukan prodi Seni dan PGSD akan diberi rangkaian tes yang bekerjasama dengan pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni yang terkait

Namun bagi yang menentukan prodi Ilmu keolahragaan akan mengikuti banyak sekali investigasi kesehatan dan diselingi oleh tes keterampilan motorik ibarat lari, lompat berenang dll.

Ada beberapa kampus yang tidak menyelenggarakan ujian keterampilan namun tidak sedikit juga yang mewajibkan ujian keterampilan. Semuanya tergantung dari jurusan (prodi) pilihan penerima tes.

Peserta SBMPTN 2018 sanggup mengikuti ujian keterampilan di perguruan tinggi tinggi negeri (PTN) terdekat yang mempunyai jadwal studi sesuai dengan pilihan mereka.

Baca juga: Sistem Penilaian TPA SBMPTN 2018

Bagi prodi pilihan penerima ujian yang mewajibkan adanya tes keterampilan maka penerima SBMPTN bisa mengikuti ujian keterampilan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdekat yang juga menyelenggarakan ujian keterampilan sama atau sesuai dengan kampus pilihan mereka.

Peserta ujian seleksi SBMPTN 2018 bisa melihat daftar Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara tes keterampilan disini http://www.sbmptn.ac.id.