Home Info SBMPTN 7 Tips Cara Menentukan Jurusan/Prodi Kuliah Ptn/Pts, Jangan Hingga Salah Pilih

7 Tips Cara Menentukan Jurusan/Prodi Kuliah Ptn/Pts, Jangan Hingga Salah Pilih

106
0
 dari seluruh penjuru negri ini akan mempertaruhkan kerja keras mereka selama kurang lebih 7 Tips Cara Memilih Jurusan/Prodi Kuliah PTN/PTS, Jangan Sampai Salah Pilih
Sebentar lagi Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan, jutaan siswa/siswi kelas 12 dari seluruh penjuru negri ini akan mempertaruhkan kerja keras mereka selama kurang lebih tiga tahun di sekolah masing-masing. 
Setelah UN berakhir maka giliran ujian SBMPTN yang akan menghadang para calon mahasiswa, bila mereka lulus maka mereka resmi menjadi Mahasiswa Baru (Maba) di kampus Perguruan Tinggi Negeri pilihan mereka, namun bila tidak lulus ratusan kampus swasta (PTS) yang berkualitas di negeri ini juga siap untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik.
Sebelum kuliah Anda niscaya akan menentukan salah satu bahkan lebih universitas harapan Anda. Tahap berikutnya menentukan jadwal studi atau jurusan kampus.

Baca juga: 14 Contoh Soal “Aritmatika” TPA SBMPTN 2018

Namun sebelum menentukan jurusan atau jadwal studi (prodi), sebaiknya Anda boleh memperhatikan beberapa aspek dalam menentukan jurusan/prodi berikut ini.
Karna ilmu yang Anda sanggup selama kuliah merupakan pegangan untuk merampungkan studi dalam waktu yang sudah diberikan. Jangan hingga terjadi kesalahan yang pada kesannya menciptakan Anda merasa tidak betah kuliah di kampus yang Anda pilih sendiri. Oleh lantaran itu, Anda perlu untuk memperhatikan tips menentukan jurusan/prodi kampus (PTN/PTS) sebelum Anda salah melangkah (salah jurusan).
1. Pilih Jurusan Yang Membuat Anda Tertantang
Karena jurusan yang akan Anda pilih murni dari kemauan sendiri maka pastikan jurusan tersebut menciptakan Anda merasa tertantang untuk terus menambah ilmu dan wawasan terhadap jurusan tersebut.
2. Pilih jurusan yang menciptakan Anda penasaran
Rasa penasan dengan tertantang mempunyai persamaan, sama-sama menciptakan Anda semangat untuk terus menggali ilmu dan menambah wawasan. Anda akan terus merasa haus akan ilmu yang sudah Anda dapatkan.

Rekomendasi :   Jangan Tersesat, Ketahui Pembagian Wilayah Ptn Penerima Sbmptn 2018

Baca juga: Simak Baik-baik, Persyaratan Pendaftaran Penerimaan SBMPTN 2018

3. Pilih jurusan yang tanpa disuruh pun Anda curi-curi waktu untuk belajar.
Banyak mahasiswa yang merasa jenuh dalam mempelajari modul atau buku teks yang sudah ada. Salah satu faktor penyebabnya yaitu salah menentukan jurusan karna jurusan yang dipilih mungkin karna dorongan orang tua, ikut-ikut sobat atau alasan lain yang kami rasa kurang rasional.
Namun pilihlah jurusan yang menciptakan Anda terus bersemangat mempelajarinya. Anda merasa perlu terus menggali informasi yang bekerjasama dengan jurusan yang Anda pilih dari banyak sekali sumber literatur bahkan tanpa disadari Anda sering mencari ilmunya melalui internet dengan pertolongan Google.

4. Jangan Memilih Jurusan Karna Disuruh Orang Tua
Hari gini semua harus orang tua. Sudah saatnya Anda yang menentukan masa depan. Caranya, yakinkan orang renta kalau Anda bisa untuk menentukan jurusan yang terbaik untuk masa depan Anda supaya mereka tidak khawatir bahkan ragu dengan pilihan yang Anda buat.
5. Jangan Memilih Jurusan Hanya Karena Alasan Finansial atau Prospek Kerja
Memang memikirkan prospek kerja dari jurusan yang kita pilih itu perlu namun kalau Anda hanya sibuk dengan pertanyaan “nanti kerjanya ngapain aja ya, trus ada gak lowongan kerjanya” dan pertanyaan lainnya sebaiknya berhenti untuk pertanyaan menyerupai itu. 
Karna apapun jurusan yang baik berdasarkan Anda kalau dikembangkan secara maksimal maka bukan mustahil akan menciptakan Anda menjadi orang yang berhasil.
6. Jangan menentukan Jurusan Karna Pelajarannya Anda “sukai”
Kalau dalam menentukan jurusan Anda hanya mempertimbangkan berdasarkan pelajaran yang Anda sukai maka itu murupakan pandangan yang kurang tepat.
Bisa saja ada lebih dari satu pelajaran yang Anda sukai dalam waktu yang bersamaan,  misalnya kebetulan hari ini guru biologi masuk, karna guru tersebut sangat bangus menandakan bahan pelajarannya kemudian Anda tertarik dengan topik pelajaran yang dibawakan dan Anda kepingin menentukan jurusan biologi.

Rekomendasi :   Jadwal Ujian/Tes Dan Pengumuman Hasil Seleksi Sbmptn 2018

Baca juga: Cara Belajar Yang Benar Menjelang Hari H SBMPTN 2018

Kemudian ada kiprah fisika yang bisa Anda jawab dengan benar tanpa ada salah satu soal pun dan nilai Anda yang tertinggi dari teman-teman lain di kelas, kemudian Anda merubah pilihan ke fisika.
Sebaiknya mantapkan pilihan Anda berdasarkan pelajaran apa yang benar-benar menciptakan Anda merasa bahagia untuk mempelajarinya, ketagihan untuk menggali ilmu wacana pelajaran tersebut bahkan tidak ada kata bosan untuk membahasnya jadi tidak sekedar suka saja.
7. Pilih Jurusan Yang Akan Anda Bawa Sampai Tua
Tidak berlebihan kalau kami pakai bahasa di atas, karna kenyataannya memang menyerupai itu, kita amibil pola dokter (yang lain juga berlaku).
Seorang dokter yang menyayangi jurusannya (profesinya) akan terus menjadi dokter terbaik dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat dalam membantu orang yang membutuhkan pertolongannya hingga masa kerjanya berakhir.
Kesimpulan
Kaprikornus sebelum kuliah di universitas yang Anda impikan sebaiknya pilihlah jurusan/program studi yang menciptakan Anda merasa tertantang, penasaran, bukan karna dorongan orang tua, tidak sekedar melihat prospek kerjanya, dan menciptakan Anda nyaman untuk mempelajarinya hingga final hanyat (tua).
Baca juga: Sistem Penilaian TPA SBMPTN 2018

Anda sudah membaca artikel singkat mengenai 7 tips/cara menentukan jurusan/prodi universitas (ptn/pts) semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak orang termaksut Anda.
Jika berkenan Anda boleh share atau menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda yang lain, terimakasih.