Home EMIS Langkah Persiapan Sukses Update Data EMIS Online Tahun Pelajaran 2018/2019

Langkah Persiapan Sukses Update Data EMIS Online Tahun Pelajaran 2018/2019

86
0
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
: Pendataan EMIS online semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang direncanakan akan di buka pada awal september 2018 sebentar lagi, tentunya sebagai seorang operator Emis online mempunyai pengalaman tahun – tahun sebelumnya karena EMIS Onlie sudah pernah dirilis semester sebelumnya biarpun nantinya akan ada beberapa perubahan dan penambahan fitur yang direcanakan dan diwacanakan bahkan pernah di sosialisasikan untuk sebagian operator yang mendapat kesempatan mengikuti sosialisasi tersebut.

Pengalaman tahun sebelumnya banyak dari teman – teman yang keteteran dalam melakukan update data Emis online di karenakan banyak faktor jadi dari pengalaman yang pernah terjadi tentunya hal itu tidak ingin di ulang lagi untuk tahun – tahun selanjutnya karena seperti apapun keadaan kita ataupun server EMIS online kita tetap mempunyai kewajiban untuk menuntaskannya karena data EMIS akan menjadi satu – satunya sumber data dari berbagai aplikasi yang di keluarkan oleh Kementrian Agama dan aplikasi yang masih berhubungan dengan diknas seperti mempersiapkan data UN, itu semua data bersumber dari EMIS online yang kita isi jika kita tidak melakukannya maka tentu kita tidak akan bisa melanjutkan data yang lain.

Sebagai seorang operator EMIS admin juga memegang beberapa Madrasah yang harus dikerjakan dan alhamdulillah selama menjadi operator EMIS admin tidak pernah kewalahan bahkan di saat – saat waktu masih lumayan lama bahkan kritis admin bisa membantu kawan – kawan yang lain dalam menuntaskan update data karena admin punya cara dan trik dalam menunntaskan agar tidak kewalahan biarpun pada pertengahan pendataan ada beberpa fitur, jadi admin tinggal menuntaskan tambahan fitur itu saja tidak fokus dengan yang lain karena datanya sudah selesai dan juga karena masih banyak waktu admin bisa mengecek satu – persatu karena sistem kemaren masih belum sempurna yang akibatnya ada sebagian data yang hilang tapi intinya admin masih punya waktu. 

Yang harus kita persiapkan untuk sukses update data EMIS Online tahun pelajaran 2018/2019 adalah sebagai berikut :

1. Mencari Informasi di berbagai media sosial seperti group facebook, group whatsapp dan media sosial lainnya di awal bulan September 2018. Kalo ada info dibuka maka langsung ke TKP dan jika kita belum bisa membuka maka lansung konsultasi ke teman – teman group mungkin ada hal yang harus kita perbaiki. 

2. Update browser yang akan kita gunakan nanti, atau persiapkan berbagai macam browser yang ada yang kita tahu jadi bisa di uji satu – satu kemampuannya.

3. Persiapkan Paket data yang lumayan besar usahakan menggunakan teathering hotspot agar bisa dikerjakan dirumah dan kalo bisa yang sudah 4G atau diatasnya kalo ada. hehehe disarankan untuk minta ke KAMAD karena kalo pakek data pribadi lumayan juga menguras dompet.

4. Persiapkan data – data lembaga dalam bentuk exel dan untuk sertifikat persiapkan juga dalam bentuk scanan dengan ukuran 200 kb kebawah sebagimana pengalaman sebelumnya khawatir data yang kemaren tidak tersimpan atau hilang.

5. Pesiapkan data – data siswa dalam bentuk exel sebagaimana pengalaman tahun sebelumnya seperti biodata siswa dan yang lainnya jadi jika nanti ada template siswa dalam bentuk exel jadi kita tingal copy paste saja.

6. Persiapkan data – data PTK baik baru atau yang lama dalam bentuk exel yang nanti tinggal kita copy paste saja.

7. Persiapkan semua data yang valid yang berhubungan dengan data yang akan di update  di EMIS baik itu dalam bentuk exel ataupun scanan jadi nanti di saat aplikasi EMIS sudah dibuka tidak kewalahan lagi.

8. Saat aplikasi di buka langsung kerjakan yang bisa dikerjakan dan jangan menunda – nunda karena jika ditunda itu yang akan membuat kita kewalahan. dan pertama kali aplikasi EMIS dibuka pasti masih banyak yang belum mengerjakan jadi kita ambil Star dulu dan itu akan sangat ringan dan jarang mendapat gangguan.

Jadi Intinya semua kesuksesan di awali dengan sebuah usaha dan persiapan yang matang dan juga kerja keras dan tidak pernah mengeluh. 



“SALAM SATU DATA OPERATOR MADRASAH, SUKSES ADALAH MILIK KITA YANG MAU BEKERJA KERAS, MEMPUNYAI PERSIAPAN DAN PERENCANAAN YANG MATANG”

“TERIMA KASIH”


Sumber https://www.adminbawean.xyz/

Rekomendasi :   Detik - Detik Cut Off Emis Online Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018