Home EMIS Hal – Hal Yang Perlu di Cek Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester...

Hal – Hal Yang Perlu di Cek Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap TAPEL 2017/2018

74
0
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

: Pendataan Emis Online Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 yang sudah kita jalani beberapa bulan yang lalu dari mulai mengisi data dari awal sampai tuntas tapi juga masih ada yang belum tuntas bahkan belum disentuh sama sekali karena beberapa faktor dari masing – masing lembaga berbeda.

Madrasah yang sudah mengisi atau sudah menuntaskan EMIS Semester Genap Tapel 2018 harusnya tidak sepenuhnya meninggalkan aplikasi tanpa mengecek kembali data – data yang sudah di isi dan di aploud karena aplikasi EMIS Online belum begitu FIX dan lalu lintas data yang terlalu bayak membuat web kadang – kadang sulit untuk di akses yang artinya bukan aplikasinya kurang bagus tapi aplikasinya lagi dalam masa penyempurnaan dan karena akibat dari banyak akses di database tersebut oleh ribuan operator yang berlomba untuk menuntaskan pekerjaannya.

Hal – Hal Yang Perlu di Cek di EMIS Online Semester Genap TAPEL 2017/2018 adalah

1. Menu Kelembagaan

    Pada menu kelembagaan terdapat beberapa sub menu dan di mana pada sub menu tersebut tidak semua data yang mengalami perubahan dan hilang tapi alangkah baiknya di cek semuanya agar semakin meyakinkan karena tidak semua madrasah kasus dan permasalahannya sama. contoh yang admin sendiri alami yaitu pada sub menu dokumen perijinan dan sertifikat ISO dimana berkas yang sudah di aploud tidak bisa dibuka dan harus melakukan aploud ulang dan juga pada tanggalnya mengalami perubahan tapi entah itu kesalahan admin atau berubah sendiri yang intinya harus di rubah. jadi perlu kita cek kembali semua barangkali ada data yang salah ketika kita input karena pada saat mengisi data mungkin kita sudah lelah dan ngantuk yang akhirnya kita salah memasukkan data.

2. Menu Kesiswaan

    Pada menu kesiswaan biasanya kita banyak melakukan kesalahan, kenapa admin bilang demikian karena pada menu kesiswaan utamanya pada sub menu siswa aktif yang harus input data yang benar – benar valid sesuai dokumen yang dimiliki siswa kita. biasanya kesalahan yang sering kita lakukan adalah ketika input nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir. Untuk nama siswa yang biasanya sering kita salah melakukan pengisian. misalkan nama siswa Adriansyah kita nulisnya Adriyansyah dan untuk tempat lahir juga kita kadang salah misalkan kelahiran surabaya tapi kita nulisnya gresik dan untuk tanggal lahir kadang kita memasukkan bulan pada tanggal dan tanggal pada bulan. Hal ini bisa terjadi karena kita seorang manusia yang lalai apalagi kita sudah kerja seharian yang pastinya fokus kita berkurang, maka dari itu kita perlu cek kembali. dan ada satu kejadian aneh yang admin sendiri alami ketika mengecek data siswa yaitu ketika masa pengerjaan capesun data tersebut sudah benar sampai siswa tersebut selesai ujian tapi ketika di cek kembali setelah itu berubah dengan sendirinya dengan data siswa sekolah lain yang admin sendiri tidak tahu dari mana asal siswa tersebut tapi untuk detailnya tetap siswa kami. setelah itu admin edit kembali ke data sedia kala dan beberapa minggu kemudian cek kembali ternyata berubah lagi ke data siswa sekolah lain dan langsung ketika itu juga langsung admin edit kembali dan alhamdulillah sekarang tidak berubah lagi.

3. Menu PTK

    Pada menu PTK sama halnya dengan menu kelembagaan dan menu kesiswaan, masalah yang dialami adalah pada berkas yang di aploud dan kesalahan pengisian data. maka dari itu untuk teman – teman operator madrasah tetap semangat untuk melihat kembali hasil kerjaan yang sudah dikerjakan agar nantinya tidak merepotkan kita, mumpung ada waktu sebelum di tutup.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman – teman operator madrasah untuk selalu mengecek hasil pekerjaannya agar tidak terlalu banyak kesalahan dalam pengimputan data.



“SEKIAN TERIMA KASIH”
“TETAP SEMANGAT, OPERATOR HEBAT MADRASAH BERMARTABAT” 


Sumber https://www.adminbawean.xyz/

Rekomendasi :   Cara Mudah Menyimpan File Form Emis Siswa Baru Ke Format CSV