Home EMIS Cara Membuat File PDF Tanpa Compres Ulang Untuk Aploud EMIS Online 2018

Cara Membuat File PDF Tanpa Compres Ulang Untuk Aploud EMIS Online 2018

90
0
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

: Halo Sahabat dimanapun berada, pasti  saat ini teman-teman ada yang masih kebingungan untuk membuat file PDF ukuran 200 dan 500 KB untuk melakukan aploud dokumen di EMIS sebagai bukti legalitas data yang sudah kita isi, Sebagai seorang operator data tentunya dengan banyaknya pekerjaan teman-teman ada yang lupa bahkan ada yang tidak tahu caranya melakukan pembuatan file PDF ukuran kecil, demi memenuhi sebuah tuntutan pekerjaan yang sedang dihadapi oleh teman-teman tentunya teman-teman akan mencari inforasi dan cara untuk menyelesaikan pekerjaan ketika ada sebuah masalah yang dihadapi.

Pembuatan file PDF itu sangat banyak caranya tapi kadang cara-cara yang sering kita lakukan banyak menemukan ukuran file sangat besar yang pada akhirnya tidak bisa melakukan pengaploutan file dokumen yang diminta. dengan bermacam cara pengecilan ukuran file PDF baik dilakukan secara Online maupun dilakukan secara ofline itu sering kali kita menemukan kendala yakni ketika kita melakukan pengecilan file PDF melalui online kita dapatkan tidak sesuai dengan keinginan yakni masih kurang kecil dan kadang jika pengecilan file PDF dengan menggunakan aplikasi di online itu kadang dibatasi kalo sudah melakukan sampai tiga kali maka  akan dikenakan biaya begitu juga ketika kita melakukan pengecilan file melalui ofline juga setelah melakukan hal tersebut selama tiga kali maka selanjutnya laman kita akan dialihkan ke onlie dan diminta melakukan pembayaran. Hal itu kadang membuat kita jengkel, pusing bahkan marah-marah. maka disini kami akan membagikan tutorial atau langkah demi langkah untuk membuat file PDF tanpa melakukan compres file PDF. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Kita siapkan dokumen yang akan kita buat sebagai file PDF karena disini kami bahas           untuk melakukan aploud dokumen di EMIS online 2018 maka yang perlu kita siapkan           adalah :
   – IJAZAH dari SD/MI sampai Ijazah terakhir
   – Sertifikat pendidik bagi yang punya
   – Sertifikat Pelatihan bagi yang punya
   – SK NRG berupa file S26e dari SIMPATIKA
   – SK Mengajar dari awal sampai akhir 
   – Dokumen madrasah yang diminta di aploud seperti Ijin Pendirian Madrasah, SK                   Kemenkumham dan lainnya

2. Setelah itu Scan semua berkas dalam bentuk file JPG/JPEG bisa menggunakan printer scan dan juga bisa menggunakan kamera HP yang bagus. hehehe

3. Sebelum file JPG/JPEG kita buat PDF langkah yang harus kita lakukan yaitu kita kecilkan ukuran file tersebut dengan cara pada file tersebut klik kanan kemudian klik open with ⇨ paint, Setelah terbuka langkah selanjutnya adalah pada menu home kita klik menu risize maka akan muncul kotak dialog lalu kita centak pada bagian pixels setelah itu pada bagian hrizontal dan vertical kita ganti ukuran misal sebelumnya pada horizontal berisi angka = 2250 kita ganti menjadi 700 dan pada isian vertical kita biarkan otomatis saja, kemudian klik simpan. lakukan hal yang sama pada beberapa file yang ada.

3. Setelah file berbentuk file JPG/JPEG yang sudah kita kecilkan dengan paint atau pengaturan di scaning dengan memperkecil ukuran maka langkah selanjutnya kita buka file tersebut setelah terbuka kemudian klik kanan ⇨ Copy

4. Setelah itu kita buka Microsost Word, setelah terbuka maka klik kanan ⇨ PASTE maka file gambar yang akan kita buat file PDF masuk pada laman Microsoft word.

5. Setelah itu kita lakukan pengaturan gambar dengan cara menarik ke kanan dan kebawah full halaman agar hasinya bagus.

6. Setelah itu pilih menu ribbon bagian atas pojok kiri layar kemudian pili SAVE AS setelaah itu kita cari tempat penyimpanan file agar kita mudah mencarinya nanti.

7. Kemudian pada file name kita isi sesuka hati kita yang penting kita tau klo itu file yang kita cari nantinya dan tak perlu membuka file cukup melihat namanya kita sudah tau klo itu file yang kita cari. Kemudian pada Save as type kita tarik kebawah dan pilih PDF kemudian SAVE maka file akan berbentuk PDF dengan ukuran yang kecil sesuai dengan permintaan pada aplikasi EMIS online 2018.
“TERIMA KASIH”
“SEMOGA BERMANFAAT”
   
   


Sumber https://www.adminbawean.xyz/

Rekomendasi :   Dirjen Pendis Menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pengelola Data Emis Madrasah Di Bekasi Tanggal 18 Sampai 20 Tahun 2018