Beranda Berita Cara Mengajukan Edit Data Nisn Melalui Aplikasi Verval Pd Kemenag

Cara Mengajukan Edit Data Nisn Melalui Aplikasi Verval Pd Kemenag

173
0

Cara Mengajukan Edit Data NISN melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag – Setiap Madrasah harus mengupayakan biar semua akseptor asuh memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sebab dengan memiliki NIS, riwayat pendidikan akseptor asuh sanggup terdata dengan baik, karena nomor khusus ini akan berlaku seumur hidup dan terus berkhasiat dalam pendidikan akseptor asuh mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga dengan nanti ketika ia masuk di Perguruan Tinggi.

Perlu anda ketahui, ketika ini Kementerian Agama suda merilis sebuah Aplikasi Verifikasi da Validasi Peserta Didik (VerVal PD) yang berfungsi untuk mengurus data akseptor asuh di lingkup Kemenag. Salah satunya menangani perihal NISN.

Cara Mengajukan Edit Data NISN melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag Cara Mengajukan Edit Data NISN melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag

Dengan adanya aplikasi tersebut, proses pengajuan dan pengelolaan NISN akseptor asuh Madrasah sanggup dilaksanakan dengan sangat mudah, adalah dengan cara mengakses website Aplikasi VerVal PD Kemenag. Selanjutnya, pihak sekolah tinggal melaksanakan VerVal terhadap data siswa yang sudah muncul di dalam Aplikasi VerVal PD yang berasal dari hasil sinkronisasi data EMIS madrasah. Tak perlu lagi menginput satu per satu data siswa.

Kendati demikian, dalam praktiknya masih banyak hambatan yang harus diselesaikan. Jamak kasus terjadi ketika melaksanakan VerVal PD, data hasil sinkronisasi menjadi salah. Terutama dalam hal data Tanggal, Bulan dan Tahun lahir siswa.

Kasus ini banyak terjadi bagi akseptor asuh yang memiliki tanggal lahir 12 ke bawah, yang terjadi penulisan antara tanggal dan  bulan kerap salah. Misalnya saja di dalam emis tertulis 03/04/2002, sedangkan di data NISN terbalik menjadi 04/03/2002.

Berdasarkan info yang kami peroleh, terbaliknya penulisan tanggal dan bulan lahir siswa disebabkan adanya perbedaan format penulisan tanggal dan bulan lahir siswa di Aplikasi EMIS dan NISN. Semoga segera diperbaiki.

Rekomendasi :   Infografis Penerapan Permendikbud No 23 Tahun 2017 Perihal Hari Sekolah

Namun begitu, anda semua tidak usah khawatir dengan adanya kesalahan sistem tersebut. Sebab pada aplikasi VerVal PD Kemenag sudah tersedia Menu khusus untuk mengedit data siswa apabila ada kesalahan data di Aplikasi NISN.

Sekolah melalui operatornya, sanggup mengajukan edit data NISN, sekaligus edit data Nama Peserta asuh hinggal Tempat Tanggal Lahir.

Bagaimanakah Caranya? Berikut ini Cara Mengajukan Edit Data NISN melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag

  • Silahkan anda buka website Aplikasi Verval PD Kemenag  yang beralamat di vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id
  • Kemudian Login dengan menggunakan username dan password sebagai operator VervalPD Kemenag Kabu/Kota 
  • Sesudah berhasi Login ke dalam laman Verval PD kemenag, silahkan anda mengarahkan kursor ke sajian “Edit Data”, kemudian pilihlah sub sajian “Pengajuan”. kemudian Klik pada Tombol “Nama & Tanggal lahir” 
  • Sesudah laman Edit Data berhasil dibuka, terbuka laman edit data, pilih nama Madrasah yang ingin data siswanya diedit, kemudian pilih Menu Siswa,  maka secara otomatis laman akan memunculkan semua data akseptor asuh yang ada pada madrasah yang dipilih tadi
  • Pilih siswa yang akan diedit datanya dengan cara menge-klik nama siswa selanjutnya klik Tombol OK
  • Berikutnya,  laman untuk melaksanakan edit Nama dan Tanggal lahir akan terbuka, kemudian tulislah nama gres di dalam kolom yang sudah disediakan (hal ini wajib dilakukan meski tidak ada perubahan nama), gantilah tanggal lahir siswa di dalam kolom yang sudah tersedia (dapat dilakukan secara dengan mengeetik manual /dengan menggunakan sajian kalender yang sudah tersedia)
  • Langkah terakhir, unggah dokumen pendukung perubahan data tersebut (Akta Kelahiran) kemudian klik pada tombol “Pengajuan perubahan”.

Catatan Penting!!!

  1. Dokumen Pendukung yang akan dilampirkan untuk perubahan data yang dijadikan sebagai perhiasan pengajuan harus menggunakan format jpg/png 
  2. Dokumen pendukung harus berupa Scan akte kelahiran atau surat keterangan lahir atau ijazah di sekolah sebelumnya
  3. Apabila dokumen pendukung yang di scan itu berupa foto copy maka wajib dilengkapi dengan menggunakan stempel dari madrasah kawasan ia berada dan ditandatangani eksklusif oleh Kepala Madrasah
Rekomendasi :   17 Pola Ptk Teknik Bangunan Smk Download Pdf Terbaru

Demikianlah info mengenai Cara Mengajukan Edit Data NISN melalui Aplikasi VerVal PD Kemenag yang sanggup kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber http://www.harianmadrasah.com/