Beranda Menarik Kisi-Kisi Utn Guru Kelas Tk/Ra Sesudah Plpg

Kisi-Kisi Utn Guru Kelas Tk/Ra Sesudah Plpg

152
0
 merupakan salah satu instrumen penilaian bagi penerima sertifikasi guru dalam menentukan ke Kisi-kisi UTN Guru Kelas TK/RA Setelah PLPG

Download Kisi-kisi UTN Guru Kelas TK/RA Setelah PLPG Tahun 2017

UTN atau ujian tulis nasional merupakan salah satu instrumen penilaian bagi penerima sertifikasi guru dalam menentukan kelulusan penerima sergur tersebut. Ia diselenggarakan sehabis sesi PLPG berakhir dan penerima dinyatakan lulus PLPG.

Peserta sertifikasi guru yang telah lulus PLPG diwajibkan untuk menempuh UTN bagi mereka yang belum memenuhi kualifikasi ambang batas minimal uji kompetensi guru atau UKG. Hal ini tentu saja melelahkan. Namun demikian, apapun harus dihadapi demi tercapainya kelulusan sertifikasi guru tersebut.

Tidak menyerupai tahun sebelumnya, tahun 2017 ini penerima PLPG diberikan kisi-kisi UTN. Kisi-kisi UTN ini diperlukan sanggup membantu para penerima sertifikasi guru dalam memetakan bahan untuk dipelajari.

Pemetaan bahan ini sangat penting dalam rangka mencapai efisiensi alokasi waktu mencar ilmu bagi para penerima sertifikasi guru.

Bagi para guru Taman Kanak-kanak atau RA yang telah menempuh PLPG dan dinyatakan lulus PLPG, menempuh UTN bagi yang diwajibkan atau yang menempuh UTN ulang, berikut ialah tautan download Kisi-kisi UTN Guru Kelas TK/RA Setelah PLPG terbaru:

Berikut ialah kutipan dari Kisi-kisi UTN Guru Kelas TK/RA Setelah PLPG tersebut:


No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
a b C D E
1 Pedagogik Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.1. Memahami karakteristik penerima didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial-emosional, moral, dan latarbelakang sosial-budaya Dengan ilustrasi kasus, penerima sanggup mendeteksi karakteristik penerima didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional,moral, danlatar belakang sosial-budaya
Pedagogik Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.4 Mengidentifikasi kesulitan penerima didik usia TK/PAUD dalam banyak sekali bidang Pengembangan Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup menafsirkan contohkesulitan penerima ddik usiaTK/PAUD dalam banyak sekali aspek perkembangan.
Pedagogik Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 2.1 Memahami banyak sekali teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip bermain sambil mencar ilmu yang mendidik yang terkait dengan banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD. Melalui pinjaman ilustrasi rujukan kegiatan, penerima sanggup memadukan penerapan teori mencar ilmu dan prinsip belajarmelalui bermain dalam banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 2.2 Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil mencar ilmu yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan banyak sekali bidang pengembangan di TK/PAUD. Dengan citra rujukan pembelajaran, penerima sanggup menggambarkan penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya mencar ilmu yang bersifat holistik dan bermakna dalam banyak sekali bidang pengembangan di TK/RA.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Melalui ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, penerima sanggup menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum anak usia dini.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.2 Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.3 Menentukan kegiatan bermain sambil mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan Dengan memakai ilustrasi kasus, penerima sanggup memadukan kegiatan bermain seraya mencar ilmu yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
pengembangan.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.4 Memilih bahan kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil mencar ilmu sesuai dengan tujuan pengembangan. Memilih bahan kegiatan bermain sambil mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam banyak sekali kegiatan pengembangan di TK/PAUD. Dengan memakai ilustrasi proses pembelajaran, penerima sanggup menggambarkan rujukan perencanaan kegiatan bermain yang mendidik dalam banyak sekali kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu. 3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. Melalui pinjaman rujukan penilaian, penerima sanggup menentukan jenis instrumen dan teknik penilaian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. Dengan memakai ilustrasi kegiatan pembelajaran, penerima sanggup menelaah prinsip- prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.2 Mengembangkan komponen- komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. Dengan memakai ilustrasi kegiatan pembelajaran, penerima sanggup menetapkan komponen-komponen perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.4 Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna. Dengan ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, penerima sanggup memberi rujukan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup memperlihatkan rujukan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.6 Memanfaatkan media dan sumber mencar ilmu yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar. Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, penerima sanggup mengkategori
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
pemanfaatan media dan sumber mencar ilmu yangsesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
Pedagogik Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik 4.7 Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD. Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, penerima merencanakan penerapan tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD.
Pedagogik Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. 5.1 Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik. Melalui ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, penerima sanggup memperlihatkan rujukan pemanfaatan teknologi warta dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.
Pedagogik Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki. 6.1 Menyediakan banyak sekali kegiatan bermain sambil mencar ilmu untuk mendorong penerima didik membuatkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya Dengan ilustrasi contoh, penerima sanggup merumuskan kegiatan bermain sambil mencar ilmu untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya.
Pedagogik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik 7.1 Memahami banyak sekali taktik berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara mulut maupun tulisan. Melalui ilustrasi rujukan kegiatan, penerima sanggup membedakan taktik komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara mulut maupun goresan pena kepada anak didik.
Pedagogik Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik dengan bahasa yang khasdalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis penerima didik, (b) memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai ajakan kepada penerima didik untuk merespons, (c) respons penerima didik, (d) reaksiguru terhadap respons penerima didik, dan seterusnya. Melalui ilustrasi rujukan kegiatan, penerima sanggup menemukan rujukan komunikasi efektifempatik dan santun, baiksecara mulut maupun goresan pena kepada anak didik.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Melalui ilustrasi kegiatan penilaian, penerima sanggup memperlihatkan prinsip penilaian dan penilaian proses dan hasil mencar ilmu sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan Melalui rujukan kegiatan penilaian di TK/PAUD penerima sanggup memilih
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
karakteristik anak usia dini. aspek-aspek proses dan hasil mencar ilmu yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.3 Menentukan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. Dengan ilustrasi kasus, penerima sanggup mengatur urutan mekanisme penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. Peserta sanggup memperbaharui proses penyusunan rancangan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar,
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk banyak sekali tujuan. Dengan ilustrasi kasus, penerima sanggup mengoreksi hasil penilaian proses dan hasil mencar ilmu untuk peningkatan kemampuan anak.
Pedagogik Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar 8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. Menilai rujukan penilaian proses dan hasil belajar.
Pedagogik Memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. 9.1 Menggunakan warta hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup memperjelas penggunaan hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan mencar ilmu anak
Pedagogik Memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. 9.2 Menggunakan warta hasil penilaian dan penilaian untuk merancang jadwal remedial dan pengayaan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup merumuskan hasil penilaian dan evaluasiuntuk merancang jadwal remedial dan pengayaan.
Pedagogik Memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. 9.4 Memanfaatkan warta hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup mengorganisasikan warta hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Pedagogik Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA. Menggunakan hasil refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA..
Pedagogik Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TK/PAUD/RA. Dengan diberikan kasus, penerima sanggup mengurutkan langkah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
kualitas pembelajaranTK/PAUD/RA.
2 Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menelaah konsep dasar matematika dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Merumuskan kegiatan matematika permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menelaah konsep dasar sains dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Memberikan rujukan kegiatan sainspermulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menelaah konsep dasar bahasa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Memilih kegiatan bahasa (membaca permulaan) dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup memperlihatkan konsep dasar studi sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Memilih kegiatan studi sosial dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, 20.1 Menguasai konsep dasar Dengan ilustrasi kegiatan
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menelaah konsep dasar agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Memilih kegiatan agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menentukan konsep dasar seni dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Menilai kegiatan seni rupa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Menilai kegiatan seni musik & lagu dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menentukan konsep dasar pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Menentukan kegiatan pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menentukan konsep dasar kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan Menilai kegiatan kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, penerima sanggup menelaah konsep dasar gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. Memilih kegiatan gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilaimoral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Menentukan penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Menelaah penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek kognitif anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilaimoral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Memilih penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek sosial-emosional anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Menelaah penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek watak anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilaimoral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Menelaah penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek sosial budaya anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.2 Menguasai penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek fisik,kognitif, sosial-emosional, nilaimoral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD. Memilih penggunaan banyak sekali alat permainan untuk membuatkan aspek bahasa anak TK/PAUD.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.3 Menguasai banyak sekali permainan anak. Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, penerima sanggup menentukan banyak sekali alat permainan edukatif anak.
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.3 Menguasai banyak sekali permainan anak. Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, penerima sanggup menentukan banyak sekali alat permainan edukatif anak.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.3 Menguasai banyak sekali permainan anak. Peserta sanggup menelaah banyak sekali alat permainan edukatif anak.
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 20.3 Menguasai banyak sekali permainan anak. Peserta sanggup menentukan rujukan langkah/cara bermain dengan alat permainan edukatif anak
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Memilih kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam bidang pengembangan watak dan nilai agama.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan sosial-emosi.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup menelaah kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan kognitif.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan fisik-motorik..
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup memperlihatkan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan moral-agama.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, penerima sanggup membedakan kemampuan anak sesuai usia
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Menentukan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan kognitif.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Memilih kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan sosial emosi.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan. Melalui ilustrasi kasus, perseta sanggup membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam setiap bidang pengembangan.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.2 Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup memperlihatkan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.2 Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup membedakan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup menentukan tujuan kegiatan pengembangan nilai agama dan watak di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup menentukan tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup menentukan tujuan kegiatan pengembangan kognitif di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup menentukan tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di TK/PAUD.
Profesional Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. Melalui rujukan kasus, penerima sanggup menetapkan tujuan kegiatan pengembanganfisik-motorik di TK/PAUD.
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup memperlihatkan bahan bidang pengembangan nilai agama dan watak yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup menentukan bahan bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup menentukan bahan bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup memperlihatkan bahan bidang pengembangan sosial- emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup menentukan bahan bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup membedakan bahan bidang pengembangan nilai agama dan watak yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup memperlihatkan bahan bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan Dengan rujukan kegiatan pengembangan, peserta
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
secara kreatif. tingkat perkembangan penerima didik. dapat menelaah bahan bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup memperlihatkan bahan bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.1 Memilih bahan bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Dengan rujukan kegiatan pengembangan, penerima sanggup memperlihatkan bahan bidang pengembangan fisik- motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.2 Mengolah bahan bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Melalui pinjaman ilustrasi kasus, penerima sanggup mengorganisasikan bahan bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 4-5 tahun.
Profesional Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif. 22.2 Mengolah bahan bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik. Mengorganisasikan bahan bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 5-6 tahun.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Dengan ilustrasi kegiatan, penerima sanggup menilai rujukan kinerja sendiri secara terus menerus.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Peserta dapatmerumuskan pemanfaatan hasil refleksi dalamrangka peningkatan keprofesionalan.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Peserta sanggup menentukan upaya peningkatan keprofesionalan menurut hasil refleksi.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Peserta sanggup menentukan rujukan persoalan dalam penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
No Kompe- tensi Utama Standar Kompetensi Guru (SKG)
No Kompe- tensi Utama Kompetensi Inti Guru (KI) Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) Indikator PencapaianKompetensi (IPK)
a b C D E
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Peserta sanggup menentukan rujukan kerangka berpikir penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Peserta sanggup menyusun rujukan rancangan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Peserta sanggup merumuskan hasil penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan mencar ilmu dari banyak sekali sumber. Mengidentifikasi banyak sekali sumber mencar ilmu untuk mengikuti kemajuan zaman.
Profesional Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif. 23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan mencar ilmu dari banyak sekali sumber. Dengan rujukan nyata, penerima sanggup menentukan kegiatan guru yang mengikuti kemajuanzaman dengan mencar ilmu dariberbagai sumber.
Profesional Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri. 24.1 Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi dalam berkomunikasi. Melalui rujukan TIK PAUD, penerima sanggup memperlihatkan manfaat teknologi warta dan komunikasi dalam berkomunikasi.
Profesional Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri. 24.1 Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi dalam berkomunikasi. Melalui rujukan TIK PAUD, penerima sanggup menentukan manfaat teknologi warta dan komunikasi dalam berkomunikasi secara efektif.
Profesional Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri. 24.2 Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk pengembangan diri. Melalui rujukan TIK PAUD, penerima sanggup memperlihatkan manfaat teknologi warta dan komunikasi untuk pengembangan diri.
Profesional Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri. 24.2 Memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk pengembangan diri. Melalui rujukan TIK PAUD, penerima sanggup menetapkan upaya pengembangan diri dengan memakai teknologi warta dan komunikasi.
Rekomendasi :   Ini Beliau Rilis Resmi Dari Kemendikbud Wacana Agenda Pelaksanaan Plpg 2016

Demikian goresan pena ihwal

Download Kisi-kisi UTN Guru Kelas TK/RA Setelah PLPG Tahun 2017

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


Sumber http://www.informasiguru.com/