Beranda Menarik Soal Siap Uas 1 Ppkn Smp/Mts Kelas Sembilan (9/Ix)

Soal Siap Uas 1 Ppkn Smp/Mts Kelas Sembilan (9/Ix)

81
0
Download Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester  Soal Siap UAS 1 PPKn SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX)

Download Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Satu (I/1) SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) Mapel PPKn pdf


Ujian simpulan semester atau yang sering disingkat dengan UAS, pada ketika goresan pena ini diunggah, ternyata sudah akan segera tiba. Menjadi sebuah kewajiban bagi para siswa atau penerima didik untuk mempersiapkannya dengan cermat dan seksama.

Salah satu mata pelajaran atau mapel yang diujikan yaitu PPKn atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Berdasarkan hal tersebut, maka goresan pena kali ini berusaha membantu para penerima didik yang duduk di dingklik SMP/MTs untuk mempersiapkan ujian simpulan semester satu (I/1) PPKn Kelas Sembilan (9/IX).

Soal yang kami persiapkan tentu saja yaitu soal yang pernah diujikan. Bahkan Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Satu (I/1) SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) Mapel PPKn yang kami hadirkan berasal dari UAS mapel terkait yang diujikan pada tahun 2016 lalu. Dengan demikian, maka contoh Soal Siap UAS 1 PPKn SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) yang kami hadirkan tentu saja memenuhi aspek validitas empirik dan layak dipakai sebagai sarana bagi para penerima didik untuk mempersiapkan UAS secara tertata.

Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Satu (I/1) SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) Mapel PPKn pdf:

Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Satu (I/1) SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) Mapel PPKn tersebut:

1. Perjuangan bangsa Indonesia selama berabad-abad melawan penjajah Belanda bertujuan untuk membentuk suatu Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Adapun yang dimaksud dengan negara yaitu …
A. sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu serta mempunyai tujuan dan harapan bersama.
B. suatu organisasi politik yang mempunyai batas-batas wilayah teritorial yang dipimpin oleh seorang kepala negara.
C. suatu pemerintahan yang menguasai sekelompok rakyat yang mempunyai wilayah kedaulatan tertentu atas darat, maritim dan udara.
D. sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisir oleh pemerintahan yang sah, mempunyai kedaulatan ke dalam maupun kedaulatan ke luar

Rekomendasi :   Kurikulum Raudhatul Athfal (Ra) Menurut Hukum Terbaru 2016

2. Suatu organisasi dalam masyarakat gres sanggup dikatakan sebagai negara apabila memenuhi unsur-unsur yang harus ada dalam suatu negara. Ada dua unsur yang harus dipenuhi yaitu unsur konstitutif dan unsur deklaratif. Yang terrnasuk unsur konstitutif yaitu ….
A. penduduk, wilayah, rakyat
B. psnduduk, wilayah, dasar hukum
C. penduduk, wilayah, pemerintah yang berdaulat
D. penduduk, wilayah, legalisasi dari negara lain

3. Para andal merumuskan fungsi neqara secara berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung pada titik berat perhatian, latar belakang perumusan tujuan negara serta dipengaruhi oleh pandangan atau idiologi yang dianutnya. Salah satu fungsi negara untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah terjadinya bentrokan dalam masyarakat, negara bertindak sebagai stabilisator. lni berarti negara menjalankan fungsi. ….
A keadilan
B. penertiban
C. pertahanan
D. kesejahteraan dan kernakrnuran

4. Fungsi negara akan berkernbanq lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai oleh neqara. Tujuan negara Indonesia tertuang dalamPembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea empat yaitu …
A c
1. Melindungi seqenap- bangsa dan seluruh 1 Melindungi segenap bangsa dan seluruh
tumpah darah Indonesia tumpah darah Indonesia
2. Memajukan kesejahteraan umum 2. Memajukan kesejahteraan umum
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia 3. Menciptakan rnasyarakat adi! dan rnakrnur
4 lkut melakukan ketertiban dunia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
4. Mencerdaskan kehidupan bangsa
I B  D
1. Melindungi segenap bangsa dan seluruh 1 Melindungi segenap bangsa dan seluruh turripah darah Indonesia tumpah darah Indonesia
2. Memajukan kesejahteraan umum 2. Memajukan kesejahteraanumurn –
3. lkut serta meningkatkan taraf hidup rakyat 3. Meninqkatkan taraf hid up banqsa Indonesia
4. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa lndo- 4. Menciptakan kesejahteraan bersama seluruh
nesia bangsa Indonesia

Rekomendasi :   Cara Cek Status Nuptk, Aktif Atau Tidak Aktif

5. Kesadaran untuk mernbela dan mempertahankan negara dari banyak sekali ancarnan dan harnbatan terhadap banqsa dan negara yaitu merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara dalarn upaya pembelaan Negara. Adapun yang dimaksud upaya bela negara berdasarkan uu No 3 Tahun 2002 yaitu ….
A. tindakan setiap warga neqara yang dengan tulus tulus berjuang demi bangsa dan negara tanpa mengharapkan balas jasa.
B. sikap dan sikap warqa negara yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan.
C. kesediaan menunjukkan segala sesuatu kepada bangsa dan negara yang didasari rasa cinta demi
kelangsungan hidup bangsa dan negara.
D. sikap dan sikap warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada neqara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD1945 dalam menjamin kelangsungan hid up bangsa dan negara.

6. Membela negara dari bahaya rnusuh baik yang tiba dari dalam maupun dari luar negeri merupakan hak dan kewajiban warga negara menyerupai yang disebutkan dalam Undang Undang Dasar 1945 bahwa “Tiap- tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam perjuangan per:tahanan dan keamanan negara” yaitu suara dari pasal…
A. Pasal 27 ayat (3)
B. Pasal 29 ayat (1)
C. Pasal 30 ayat (1)
D. Pasal 30 ayat (2)

7. Kewajiban rnernbela negara bagi setiap warga riegara Indonesia selain diatur daiam Undang-Undang, juga diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pasal yang mengatur kewajiban bela Negara yaitu pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945. Adapun suara pasal tersebut sebagai berikut….

 A. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam perjuangan pertahanan dan keamanan negara.
B. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
C. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam system pertahanan dan kearnanan rakyat.
D. Usaha pertahanan dan bela negara dilaksanakan oleh setiap warga negara

Rekomendasi :   Download Buku Aliran Penyelenggaraan Sks Sma

8. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Merupakan panggilan sejarah
2 Untuk kehormatan dan kejayaan bangsa
3. Untuk menjaga keutuhan wilayah negara
4. Merupakan kewajiban setiap warga negara
5.. Untuk mempertahankan negara dari banyak sekali bahaya ,
6. Untuk membuat perdamaian dunia berdasarkan kemerdekaan :
Yang menjadi alasan mengapa neqara Indonesia harus dibela oleh rakyatnya ditunjukkan pernyataan …
A.. 1 , 2, 3, dan 4
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 2, 3, 5, dan 6
D. 2, 4, 5, dan 6

9. Sesuai dengan pasal 9 ayat 1 UU No. 3 Tahun 2002, ” Setiap warga negara berhak dan wajib Ikut serta dalam upaya bela riegara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.” Pertahanan negara berarti ….

A. pengetahuan warga negara perihal keutuhan NKRI dan keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala bahaya terhadap bangsa dan negara.
B. pemahaman warga negara.1:entang keutuhan NKRI dan keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala ancarnan terhadap bangsa dan negara.
C. seqala perjuangan untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wllayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari bahaya dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
D. sikap dan perlaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam rneniamin kelangsungan hidup banqsa dan negara.

Demikian goresan pena perihal

Download Contoh Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) Satu (I/1) SMP/MTs Kelas Sembilan (9/IX) Mapel PPKn pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com/