Beranda Administrasi Guru Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi...

Download Buku Guru Smp/Mts Kelas Vii (7) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Pdf

395
0
 ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel)  Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf


Seni Budaya untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Seni Budaya bukan kegiatan dan bahan pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa tetapi juga meliputi kegiatan dan bahan pembelajaran yang menawarkan kompetensi pengetahuan perihal karya seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya. Pembelajaran seni budaya menjadi kesatuan utuh ketiga kompetensi tersebut melalui kegiatan berkarya seni rupa, seni musik, seni tari dan teater.

Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis kegiatan dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi sanggup melalui kegiatan baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal sanggup ditambahkan pada bahan pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan sanggup menambah pengayaan dari buku ini.

Pembelajaran seni budaya pada Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sanggup pula dilakukan secara terpadu dan utuh. Keterpaduan dan keutuhan mengandung arti bahwa di dalam kompetensi dasar mengandung suatu keahlian tertentu sehingga dalam pelaksanaannya haruslah utuh diajarkan sehingga siswa sanggup menguasai keterampilan, pengetahuan serta sikap dalam karya seni rupa, seni musik, seni tari atau teater.

Rekomendasi :   Pengertian Silabus Dalam Rpp

Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan berguru siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber berguru yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau daerah tinggal serta masyarakat. Guru sanggup memperkaya kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam sekitar.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan edisi kedua. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang pembaca untuk menberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut yaitu tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel)  Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf:

BACA JUGA:

Berikut kami kutipkan sebagian isi dari buku tersebut:

Kata pengantar ……………………………………………………………………… Daftar isi ……………………………………………………………………………………………. iii v
Bab 1 Pendahuluan …………………………………………………………………… 1
A. Rasional ……………………………………………………………………………… 1
B. Tujuan ………………………………………………………………………………… 2
C. Ruang Lingkup ……………………………………………………………………. 2
D. Muatan Lokal ……………………………………………………………………… 3
E. Lingkup Kompetensi dan Materi Mapel SMP/MTs ……………… 6
Bab 2 Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran Seni Budaya ……. 8
A. Kerangka Pembelajaran ………………………………………………………. 8
B. Pendekatan Pembelajaran Seni Budaya ……………………………….. 8
C. Strategi dan Metode Pembelajaran……………………………………….. 10
D. Penilaian …………………………………………………………………………….. 14

Rekomendasi :   Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Terbaru 2017C | Pdf

Bab 3 Panduan Pembelajaran Berdasarkan Buku Teks Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs …………………………………………………………

27
A. Penjelasan Umum ……………………………………………………………….. 27
B. Seni Rupa ……………………………………………………………………………. 30
C. Seni Musik ………………………………………………………………………….. 59
D. Seni Tari ……………………………………………………………………………… 86
E. Seni Teater ………………………………………………………………………….. 112
Glosarium ………………………………………………………………………………………….. 141
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………………. 142
Indeks ………………………………………………………………………………………………… 144
Biodata Penulis ………………………………………………………………………………….. 145
Biodata Penelaah ……………………………………………………………………………….. 149
Biodata Editor ……………………………………………………………………………………. 160
Biodata Ilutrator ………………………………………………………………………………… 161

Mata pelajaran Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang berakar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa melalui a k t i v i t a s berkesenian. Mata pelajaran ini bertujuan menyebarkan kemampuan siswa untuk memahami seni dalam konteks ilmu penge­ tahuan, teknologi, dan sosial sehingga sanggup berperan dalam perkem­ bangan sejarah peradaban dan kebudayaan, baik dalam tingkat lokal, nasional, regional, maupun global. Pembelajaran seni di tingkat pen­ didikan dasar dan menengah bertujuan menyebarkan kesadaran seni dan keindahan dalam arti umum, baik dalam domain konsepsi, apresiasi, kreasi, penyajian, maupun tujuan psikologis edukatif untuk pengembangan kepribadian siswa secara positif. Pendidikan Seni Budaya di sekolah tidak semata­mata dimaksudkan untuk membentuk siswa menjadi pelaku seni atau seniman namun lebih menitikberatkan pada sikap dan sikap kreatif, etis, dan estetis .

Pendidikan Seni Budaya secara konseptual bersifat (1) multilingual, yakni pengembangan kemampuan siswa mengekspresikan diri secara kreatif dengan banyak sekali cara dan media, dengan pemanfaatan bahasa rupa, bahasa kata, bahasa bunyi, bahasa gerak, bahasa peran, dan kemungkinan banyak sekali perpaduan diantaranya. Kemampuan mengekspresikan diri me­ merlukan pemahaman perihal konsep seni, teori ekspresi seni, proses kreasi seni, teknik artistik, dan nilai kreativitas. Pendidikan seni bersifat (2) multidi­ mensional, yakni pengembangan bermacam-macam kompetensi siswa perihal kon­ sep seni, termasuk pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi, apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara serasi unsur estetika, logika, dan etika. Pendidikan seni bersifat (3) multikultural, yakni menumbuhkem­ bangkan kesadaran dan kemampuan siswa mengapresiasi bermacam-macam budaya nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan siswa hidup secara beradab dan toleran terhadap perbedaan nilai dalam kehidupan masyarakat yang pluralistik. Si­ kap ini diharapkan untuk membentuk kesadaran siswa akan beragamn­ ya nilai budaya yang hidup di tengah masyarakat. Pendidikan seni berperan menyebarkan (4) multikecerdasan, yakni tugas seni mem­ bentuk langsung yang serasi sesuai dengan perkembangan psikologis siswa, termasuk kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual­spasial, verbal­lin­ guistik, musikal, matematik­logik, jasmani­kinestetis, dan lain sebagainya.

Rekomendasi :   Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum 2013 Lengkap

Demikian goresan pena perihal

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Seni Budaya Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com/