Home Bank Soal Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban ...

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban Part-3

1185
0

Berisikan materi yang sama dengan soal Pilihan Ganda Biologi kelas 12 semester 1 bagian kelima dan keenam, yaitu tentang “Materi Genetik”, soal-soal essay/uraian tulisan ini bisa Anda jadikan referensi menghadapi ulangan harian, MID/UTS, Semester dan juga Bank Soal Biologi.

Essay bagian ketiga merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban bagian kedua (soal nomor 21-40) dengan soal dimulai dari nomor 41.

41. Sebutkan macam-macam ARN dan jelaskan fungsi masing-masing!
Jawaban: Menurut peranan dan tempat terdapatnya, RNA dapat ibedaka menjadi:
 RNA duta (RNA d)
RNA duta ataudisingkat RNAd (messenger RNA=RNAm) dicetak oleh DNA di dalam inti sel dalam peristiwa transkripsi. RNAd bertugas membawa kode genetik (kodon) dari sel menuju ke ribosom. Sering disebut kodon karena urutan basa Nitrogen yang menyusunnya merupakan kode genetik.
-RNA transfer (tRNA)
RNAt terdapat di dalam sitoplasma. RNAt berfungsi untuk menerjemahkan kodon RNAd dengan jalan mencairkan jenis asam amino yang sesuai dengan kodon. Terjemahannya berupa urutan basa N yang sesuai. RNAt disebut juga antokodon karena berfungsi menerjemahkan kodon.
-RNA ribosom (rRNA)
RNA ribosom dibentuk oleh DNA dan terdapat di dalam ribosom. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sinteis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang RNA duta. Di dalam ribosom molekul RNA ini mencapai 30%-46%.

42. Kromosom berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan fungsinya!
Jawaban: Kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (kromosom se).

43. Sebutkan fungsi gen!
Jawaban: Gen mengatur berbagai macam karakter fisik maupun karakter psikis. Contoh karakter fisik adalah morfolog, anatomi, dan fisiologi. Sementara itu, contoh karakter psikis adalah pemalu, pemarah, dan pendiam.

Rekomendasi :   Contoh Soal Essay Sosiologi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

44. Jelaskan pengaruh keselahan dalam transkripsi pada individu!
Jawaban: Transkripsi adalah pencetakan mRNA(kode) oleh DNA (DNA template/DNA sense) dengan menggunakan enzim RNA polimerase. Adanya enzim RNA polimerase ini akan menyebabkan rangkaian double helix sebagian akan membuka, akibatnya basa-basa pasangannya meyusun Adenin (A), pada mRNA dan seterusnya. Hasil penyusunan pada ribosom, yang merupakan organela pelaksana sintesis protein.

45. Tuliskan perbedaan DNA dan RNA!
Jawaban: Perbedaan RNA daengan DNA.

46. Sebutkan bentuk kromosom berdasarkan letak sentromernya!
Jawaban:  Berdasakan letak sentromernya, kromosom dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu:
– Telosentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya berada di ujung kromosom.
– Akrosentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati salah satu ujung kromosom.
– Submetasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati bagian tengah kromosom.
– Metasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya berada di tengah-tengah sehingga bentuk kromosom tampak seperti huruf V.

47. Sebutkan sifat-sifat gen!
Jawaban: Gen-gen suatu individu mempunyai sifat sebagai berikut.
– Berada dalam suatu lokus kromosom.
– Dapat berduplikasi (mengganda) sebelum pembelahan.
– Membawa informasi genetika.
– Mempunyai berat molekul yang besar.

48. Jelaskan struktur kimia DNA!
Jawaban: Susunan kimia DNA adalah sebuah mokromolekul yang kompleks. Molekul DNA disusun oleh dua rantai polinukleotida yang amat panjang. Satu rantai polinukleotida terdiri atas rangkaian nukleotida. Sebuah nukleotida tersusun atas.
a. Gugus basa nitrogen (gugus ini terikat pada C pertama dari gula)
b. Gugus gula deoksiribosa (gula dengan lima atom karbon atau pentosa)
c. Gugus asam fosfat (fosfat terikat pada C kelima dari gula), Basa nitrogen dapat digolongkan menjadi dua, yaitu basa purin dan basa oirimidin. Basa purin terdiri atas adenin (A) dan guanin (G), sedangkan basa pirimidin terdiri atas sitosin (S)  dan timin (T).

Rekomendasi :   Kumpulan Soal Evaluasi Harian Kelas 5 Tema 8

49. Secara garis besar, proses sintesis protein terjadi 2 tahap, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: – Tahap pertama dari sintesis protein adalah transkripsi. Proses ini berlangsung di dalam inti sel. Transkripsi merupakan proses sintesis langsung RNA dari DNA. Pada saat ini sel memerintahkan perlunya sintesis protein, informasi DNA dialihkan melalui RNA pembawa pesan yang disebut RNA messenger (mRNA). mRNA berisikan salinan langsung pasangan basa dari DNA. Tahap inilah yang dinamakan dengan transkripsi. Transkripsi berarti salinan.
– mRNA mengandung urutan basa yang akan diterjemahkan menjadi protein (asam amino). Kode genetic, yang dibawa di dalamnya (kodon) dibaca dalam urutan tiga basa (triplet) menjadi protein. Proses penerjemahan kodon menjadi protein atau yang disebut dengan translasi.

50. Sebutkan fungsi DNA!
Jawaban: Berhubungan erat dengan penurunan sifat dan sintesis protein.
Sumber http://umar-danny.blogspot.com/