Home Tutorial Cara share folder/file dari komputer server ke komputer client

Cara share folder/file dari komputer server ke komputer client

132
0

Postingan ini sengaja saya buat sebagai pengingat bagi diri saya sendiri sebagai seorang operator sekolah yang sangat sibuk dengan hal-hal yang berhubungan dengan aplikasi,computer dan jaringan.
Tidak semua cara yang telah kita ketahui akan selalu kita ingat karena jika cara tersebut sudah jarang untuk di praktekkan maka lambat laun kita akan melupakannya.
Jika anda memilIki suatu laboratorium computer pastilah anda akan sedikit banyak memahami tentang penggunaan dan pemanfaatannya, Baik dari segi jaringan dan pengaplikasiannya. Sebenarnya banyak sekali cara-cara yang bisa kita pelajari tentang penggunaan dan pemanfaatan dari computer dan jaringan.
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai cara membagikan atau share suatu folder ataupun file dari computer satu menuju ke computer lainnya. Cara ini sebenarnya wajib untuk di ketahui oleh para guru ataupun siapa saja yang bekerja di bidang laboratorium computer karena dengan mengetahui cara ini akan sangat mempermudah pekerjaan terutama dalam kegiatan membagikan aplikasi dari satu computer ke computer lainnya.
Jika anda tidak memiliki labortorium computer cara membagikan folder atau file dari satu computer ke banyak computer dapat juga dilakukan dengan catatan computer yang satu dengan yang lainnya harus terhubung dengan jaringan LAN.
Computer utama yang merupakan computer server harus terhubung dengan computer lainnya yang merupakan computer client dan harus berada dalam satu jaringan agar proses share folder atau file dapat terlaksana dengan baik. Cara share folder ini sangat mempersingkat waktu dan pekerjaan sebab dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dan folder yang akan di bagikan sudah dapat di miliki oleh banyak computer.
Jika anda memiliki suatu file baik berupa dokumen ataupun berbentuk aplikasi dan ingin membagikannya kepada teman maka dengan mempraktekkan cara yang akan saya share kali ini tidak lagi membutuhkan device berupa flashdisk melainkan cukup berada dalam satu jaringan LAN (local area network). Jika anda membagikan suatu folder dengan menggunakan flashdisk maka cara tersebut sangat membutuhkan waktu yang sangat lama apalagi jika folder tersebut akan di bagikan kepada banyak computer.
Berikut ini cara share folder/file dari computer server ke computer client.

1. Melalui computer server silahkan anda pilih folder yang akan di share ke computer client,

2. kemudian klik kanan folder yang akan dibagikan tersebut dan pilih “share with” kemudian pilih lagi “specific people” ( seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini )
2. kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini dan arahkan kursor pada kotak segitiga dan pilih tulisan “everyone”
3. setelah itu klik “Add” seperti tampak pada gambar di bawah
4. pada pelihan everyone silahkan pilih tulisan “read/write” yang artinya folder yang akan dibagikan tersebut nantinya dapat di lihat dan dapat di edit. Namun jika anda ingin agar folder/file tersebut hanya bisa untuk di lihat atau di baca saja tanpa bisa di edit maka pilihan yang di gunakan adalah “read”
Setelah itu langkah terakhir adalah klik “share”
5. jika sudah maka akan muncul pemberitahuan bahwa folder tersebut telah berhasil di share dan silahkan klik tulisan “Done”
Kini folder yang anda share sudah berada di computer client dan sudah dapat di gunakan.

Nah untuk bisa melihat atau membuka hasil folder/file yang sudah terkirim ke komputer client silahkan baca pada judul di bawah ini :

CARA MEMBUKA/MELIHAT FOLDER HASIL SHARE DARI KOMPUTER SERVER KE KOMPUTER CLIENT

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Rekomendasi :   CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE