Home Menarik Cara Backup dan Restore Data PMP

Cara Backup dan Restore Data PMP

112
0

Cara Backup dan Restore Data PMP. Sobat Operator Dapodik di manapun anda berada, dalam proses pengisian data instrumen kuesioner Aplikasi Penjaminan Mutu (PMP) yang  sangat banyak kerap kali membuat pihak yang menginput terutama para operator sekolah harus mempunyai kesabaran ekstra tinggi.

Bagaimana tidak, untuk proses input data instrumen PMP untuk satu PTK saja harus menyelesaikan 500 kuesioner lebih. Itu baru satu PTK, belum PTK lain lagi. Belum data peserta didik, sekolah, komite, dan pengawas.

Bacup dan Restore Data PMP.

Tak bisa dibayangkan bukan, betapa sangat lama dan harus bersabar untuk menyelesaikan semua instrumen kuesioner PMP di sebuah sekolah. Tentu ketika pekerjaan tersebut selesai, pasti anda khususnya operator sekolah akan merasa lega selega-leganya.

Namun bagaimana jika setelah menyelesaikan semua proses input data PMP, tiba-tiba karena sebab tertentu laptop anda rusak dan harus instal ulang, padahal anda belum melakukan verifikasi dan pengiriman data PMP?

Tentu ini menjadi musibah tersendiri bagi para operator. Sebab jika di instal ulang, data di PMP akan hilang semua kendati sudah anda simpan. Nah, jika ini terjadi anda harus rela lembur hingga larut malam lagi untuk mengulang kembali proses entri data PMP dari awal.

Lantas, bisa tidak melakukan backup data PMP? Perlu anda ketahui, Aplikasi PMP hampir mirip dengan Dapodik. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa guna mempermudah pengguna, termasuk adanya menu Backup dan Restore Data PMP.

Menu tersebut  dibuat untuk mengantisipasi terhapusnya data PMP yang sudah diinput. Sehingga operator tak perlu repot-repot mengulangi proses input data PMP yang melelahkan itu. Berikut ini Cara Backup dan Restore Data PMP:

Backup dan Restore Data PMP.

1. PC yang anda gunakan harus terkoneksi dengan internet. Maka dari itu anda perlu memastikannya dahulu.

2. Tekan Tabulasi menu Verifikasi & Kirim Data di sebelah kiri (Kotak Hijau)

3. Tekan Tombol Backup Data yang berada dalam kotak berwarna merah, setelah anda klik maa secara otomatis data akan diunduh (Kotak Hitam)

4. Apabila anda akan melakukan proses Restore Data, silahkan diulangi Tahap yang ada pada nomor 1 dan 2. Selanjutnya silahkan dipilih Menu Restore Data  yang berada pada Kotak berwarna biru

5. Kemudian anda akan diminta memasukkan file download hasil backup data PMP anda. Masukkan data tersebut dan klik OK

Catatan!!! Setiap selesai melakukan input data PMP sebaikanya anda melakukan Backup Data. Sehingga data PMP anda akan selalu terjaga. Ini merupakan upaya pencegahan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan aplikasi yang bisa mengakibatkan data PMP terhapus semua.

Sebab, sampai saat ini aplikasi PMP masih dalam pengembangan terus-menerus. Anda bisa melihat sendiri masih terdapat berbagai Bug aplikasi yang terdapat di dalamnya. Seperti kuesioner yang tidak muncul dan ada beberapa menu yang tidak bisa digunakan secara optimal.

Maka dari itu, backup terhadap data PMP menjadi sesuatu yang sangat penting. Mengingat untuk mengerjakan ulang aplikasi ini tentu dibutuhkan tenaga ekstra yang sangat melelahkan. Saya kira anda semua tak ingin mengulangi proses input kuesioner PMP.

Jika jumlah responden sedikit itu masih bisa diusahakan, tapi kalau jumlah responden yang siswanya mencapai ribuan, tentu ini menjadi persoalan sendiri. Apalagi data responden harus segera dikirim ke server pusat. Sebab ada batas maksimal pengiriman data, apabila terlambat maka data anda tidak akan masuk ke server pusat.

Demikian informasi mengenai Cara Backup dan Restore Data PMP yang bisa saya berikan kepada anda saat ini. Semoga bisa membantu dalam pengerjaan input data PMP.