Membuat Iklan Bahasa Inggris (Panduan)

    74
    0
    Membuat Iklan Bahasa Inggris bisa dibilang tidak mudah, terutama untuk sobat yang baru pertama kali membuatnya. Sering banget guru bahasa Inggris kita menugaskan untuk membuat iklan bahasa Inggris. Nah, bagi sobat yang sedang menjalani tugas untuk membuat iklan bahasa Inggris, tidak ada salahnya jika sobat membaca artikel berikut ini mengenai Cara Membuat Iklan Bahasa Inggris. 
    Setelah keamrin kita belajar mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi iklan (Baca : Iklan Bahasa Inggris) Belajar Bahasa Inggris menghadirkan cara membuat iklan bahasa Inggris secara lebih mendalam dengan kriteria penulisan iklan yang baik, penyamapian pesan dalam iklan dan langkah-langkah membuatnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!


    Iklan Yang Baik

    Ada beberapa kriteria pembuatan iklan yang menjadikan iklan tersebut baik atau buruk. Semakin baik suatu iklan pastinya juga berdampak kepada semakin penjulan produk atau jasa yang kita tawarkan. Nah, iklan yang baik memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah

    1. Mencantumkan produk atau jasa yang jelas, biasanya dilakukan dengan menebalkan tulisan atau memberikan warna-warna tertentu yang membuat orang tertarik untuk membacanya. Di beberapa produk atau jasa yang sudah bernama, biasanya juga menampilkan simbol dari nama produk atau jasanya.
    2. Selain mencantumkan nama produk atau jasa, akan lebih baik jika kita menampilkan beberapa penawaran berkaitan dengan produk atau jasa yang kita iklankan. Tujuannya tentu untuk menarik pembaca. Misalkan saja kita beriklan “sabun mandi”, kita bisa menawarkan; “beli tiga, gratis satu”, “lebih wangi dari pada sabun biasa”, atau “murah dan ampuh melawan kuman.”
    3. Memberikan infromasi mengenai alamat atau kontak yang bisa dihubungi jika ingin membeli produk atau memakai jasa yang kita tawarkan. Untuk produk atau jasa yang memiliki pasar luas, seperti sabun, snack, rokok, tidak mencantumkan alamat atau kontak pembelian karena bisa dibeli dimana saja.
    4. Mencantumkan gambar yang menarik dengan tujuan supaya pembaca tahu mengenai produk yang kita tawarkan sekaligus juga bisa menarik mereka untuk membeli produk atau memakai jasa yang kita tawarkan.
    Penyampaian Pesan Iklan

    Penyampaian pesan dalam iklan sangat lah penting adanya. Diterima atau tidaknya produk atau jasa yang kita tawarkan melalui iklan tergantug pesan yang kita sampaikan. Penyampaian pesan iklan yang baik tentunya harus memperhatikan keeksklusifan (sesuatu yang berbeda yang tidak dapat ditemukan dalam brand yang lain) dan penerimaan (sesuai dengan target konsumen; tidak menyinggung SARA).

    Jika kita perhatikan, pesan yang disampaikan dalam iklan produk atau jasa terkenal berbeda-beda. Ada beberapa pesan yang sering disampaikan melalui iklan yang ditawarkan, diantaranay:
    • Sepotong kehidupan menggambarkan satu atau lebih orang yang menggunakan produk tersebut dalam kehidupan normal. Contoh : iklan 3 generasi dari Pepsodent.
    • Gaya hidup menekankan bahwa produk itu cocok dengan satu gaya hidup. Contoh : iklan rokok yang menggambarkan pria tampan yang perkasa.
    • Fantasi membuat satu khayalan sekitar produk atau kegunaannya. Contoh : dengan Visa Card kita dapat berkeliling dunia tanpa membawa uang banyak.
    • Mood atau citra membangun mood atau citra sekitar produk itu, seperti kecantikan, cinta atau ketentraman. Contoh : iklan Cathay Pacific.
    • Musikal menggunakan latar belakang musik atau menggambarkan satu atau lebih orang atau karakter kartun menyajikan sebuah lagu yang melibatkan produk tersebut.
    • Simbol kepribadian menggunakan satu karakter (bisa animasi atau riil) yang melambangkan produk tersebut. Contoh : Marlboro Man, McDonald.
    • Keahlian teknikal menggambarkan keahlian dan pengalaman perusahaan dalam membuat produk tersebut. Contoh : iklan Hitachi menyebutkan perusahaan membuat 20.000 produk itu.
    • Bukti ilmiah mrnggambarkan survey atau bukti ilmiah bahwa brand yang diiklankan lebih baik daripada lainnya. Contoh : iklan Pocari menyebutkan menjaga keseimbangan cairan tubuh.
    • Bukti kesaksian menggambarkan sumber yang ahli, terpandang dan dapat dipercaya yang mengakui keunggulan produk tersebut.

    Langkah Pembuatan Iklan

    Dalam membuat iklan, ada beberapa tahap yang kita perlukan. Tahapan tersebut adalah:
    1. Menentukan produk atau jasa yang kita tawarkan.
    2. Membuat penawaran khusus untuk menarik pembaca.
    3. Mencantumkan almat atau kontak yang bisa dihubungi.
    4. M
    enentukan pesan yang ingin disampaikan.
    5. Mebuat iklan.

    Misalkan saya ingin menawarkan produk “Jamur Crispy”. Penawaran khusus yang saya tawarkan adalah “Isi Ekstra 20%” dan “Beragam Rasa: Pedas, Keju, Origin, Balado.” Dan pesan yang saya pilih adalah bukti ilmiah dengan mencantumkan kandungan gizi pada jamur. Nah di bawah ini adalah hasil iklan yang saya buat sendiri:

     terutama untuk sobat yang baru pertama kali membuatnya Membuat Iklan Bahasa Inggris (Panduan)
    Contoh Iklan Bahasa Inggris

    Terima kasih sudah berkenan membaca artikel tersebut di atas tentang Membuat Iklan Bahasa Inggris. Semoga bisa bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan bersama. ^^
    Rekomendasi :   Membuat Iklan Bahasa Inggris (Panduan)