Home EMIS Integrasi Sistem Pdspk Kemdikbud Dengan Emis Ditjen Pendidikan Islam

Integrasi Sistem Pdspk Kemdikbud Dengan Emis Ditjen Pendidikan Islam

183
0
Integrasi Sistem PDSPK Kemdikbud Dengan EMIS Ditjen Pendidikan Islam – Pengolahan data suatu Satuan Pendidikan baik itu dikelola oleh Dinas maupun Kemenag, semua itu ialah untuk kepentingan database Kemendikbud, baik dengan PDSPK maupun EMIS. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Data EMIS dikelola unit khusus pengelola pendidikan Islam di lingkungan Kementerian Agama ketika ini telah dipakai sebagai data rujukan yang akurat, valid dan diakui oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) serta dibutuhkan sanggup menyediakan data dan sistem info yang bermutu bagi seluruh stakeholder Ditjen Pendidikan Islam. Pada tiap-tiap Direktorat di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam bekerja menurut data, mustahil ada perencanaan dan pelaksanaan tanpa adanya data yang menjadi dasar pertimbangan (baseline). 

Baca juga : Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!!

Oleh alasannya itu dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pengelolaan data tumpuan penerima didik dan ketenagaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Agama maka direncanakan akan dilakukan integrasi sistem interface pengelolaan data tersebut, khususnya antara PDSPK (pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan) kemdikbud dengan EMIS (Education Management Information System) Ditjen Pendidikan Islam.

Dengan adanya integrasi kedua sistem ini dibutuhkan akan bisa mendongkrak kinerja pengelolaan data pendidikan kedua Kementerian baik dalam aspek kebijakan teknis, pengumpulan, pengolahan, penyajian, pendayagunaan, pelayanan, koordinasi, fasilitasi sampai validasi verifikasi dan integrasi. 

Baca juga : PANDUAN SINGKAT E-VERVAL MASTER SATUAN PENDIDIKAN (E-VerVal SP)

Adapun data tumpuan yang dimaksud dan dikelola oleh Kemdikbud dan Kemenag (Ditjen Pendidikan Islam), mencakup nomor identitas yang terverifikasi dan tervalidasi keabsahannya, yakni antara lain :

  1. NPSN (Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional);
  2. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional);
  3. NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan); dan
  4. NPYP (Nomor Pokok Yayasan Pendidikan).

Baca juga : Cara Pengajuan NUPTK 2016 Di SIMPATIKA, Tidak ada NUPTK ?

Lebih-lebih untuk meningkatkan kualitas data, Kemdikbud dan Kemenag (Ditjen Pendidikan Islam) akan melaksanakan integrasi sistem interface data transaksi dalam satu prosedur pengelolaan data, pola diantaranya : data sumbangan guru, data rehab, data KIP, data ijazah, data BOS, data Ujian Nasional baik yang dikelola oleh Kemenag, Kemdikbud, SNMPTN, BAN-SM, TNP2K.

Rekomendasi :   [Terbaru] Program Supervisi Akademik Tahun 2015

Sumber : Diolah dari Situs Abdi Madrasah

Semoga artikel kami ini wacana Integrasi Sistem PDSPK Kemdikbud Dengan EMIS Ditjen Pendidikan Islam sanggup memperlihatkan info yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian kalau ini membantu dan Share kalau info ini penting dan mempunyai kegunaan bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :


Sumber http://www.info-madrasah.com/