Home Menarik Jadwal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019

Jadwal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019

55
0
. Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Dalam rangka pelaksanaan kompetisi ini, berikut disampaikan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1679 Tahun 2019, tanggal 25 Maret 2019.
Untuk meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, perlu menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tiap Tahunnya. Tahun 2019 ini KSM untuk tingkat sekolah dilaksanakan pada bulan April-Mei 2019, untuk KSM Tingkat Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019, KSM untuk tingkat provinsi dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 menggunakan CBT dan KSM tingkat nasional dilaksanakan pada tanggal 16-20 September 2019.
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) memiliki tujuan secara umum dan secara khusus. Secara umum tujuan KSM adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara umum melalui menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai islam dalam mempelajari dan memahami sains. Sedangkan secara khusus tujuan KSM ada empat, yaitu : (1) sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehinga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah; (2) untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama; (3) untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah dan (4) untuk memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, beraktifitas dan berprestasi.

Rekomendasi :   Contoh Latihan Soal Kompetisi Sains Madrasah Jenjang MA [KSM] 2018
Untuk kamu siswa madrasah rugi rasanya jika kamu memilki kemampuan sains tidak ikut KSM ini. KSM di madrasah sama halnya dengan OSN di kemdikbud. KSM dan OSN seleksinya mula dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi dan sampai nasional. KSM hanya bisa diikuti oleh siswa madrasah.

Untuk kamu mendapatkan informasi KSM setia tahunnya, kamu silahkan selalu pantau website resmi KSM yang di bangun oleh kemenag yaitu : (https://ksm.kemenag.go.id/ ). Tentang KSM: Lahirnya konsep integrasi dilatari oleh dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan dan seolah berjalan pada wilayahnya masing-masing. Hal ini juga dipicu oleh separasi antara sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan modern yang berdampak laten bagi umat Islam.

Pendaftaran KSM dilakukan secara Online setelah mengikuti dan memperoleh hasil KSM tingkat sekolah, setelah kamu mendaftar secara Online di Website ksm. kemenag. go. id tersebut, kamu akan di verifikasi oleh komite kabupaten. Tugas utama Komite Kabupaten/Kota didalam Aplikasi KSM adalah :

  1. Memverifikasi Data Peserta yang berhak mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  2. Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan tes KSM tingkat Kabupaten/Kota seperti Absensi Peserta,Kartu Meja,Album Peserta dan Berita Acara yang dapat didownload di Aplikasi
  3. Melakukan Input Hasil Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota kedalam Aplikasi
  4. Mencetak Piagam KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  5. Melakukan Disposisi Peserta yang merupakan juara KSM Tingkat Kabupaten/Kota agar dapat mengikuti KSM tingkat Provinsi .

Selanjunya bagi siswa yang mendapat kesempatan untuk lanjut KSM tingkat provinsi dari hasil seleksi kabupaten akan diverifikasi kembali oleh komite provinsi. Tugas utama Komite Provinsi didalam Aplikasi KSM adalah :

  1. Memonitoring Pendaftar dan Proses Verifikasi yang dilakukan oleh Komite Kabupaten/Kota
  2. Memastikan seluruh peserta yang didaftarkan diverifikasi oleh Komite Kabupaten/Kota
  3. Menerima hasil disposisi berikut surat disposisi yang dikirimkan oleh Komite Kabupaten/kota.
  4. Memastikan Peserta yang didisposisi oleh Komite Kabupaten/kota untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi adalah benar yang merupakan juara KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  5. Mempersiapkan fasilitas fasilitas untuk pelaksanaan KSM tingkat Provinsi berbasi CBT (Computer Base Tes) 
  6. Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan tes KSM tingkat Provinsi seperti Absensi Peserta,Kartu Meja,Album Peserta dan Berita Acara yang dapat didownload di Aplikasi.
  7. Mencetak Piagam KSM tingkat Provinsi.
  8. Melakukan Disposisi Peserta yang merupakan juara KSM Tingkat Provinsi agar dapat mengikuti KSM tingkat Nasional di Manado .
Rekomendasi :   Latihan Soal + Jawaban Kompetisi Sains Madrasah [KSM] 2018 : MTS


Sumber https://folderosn.blogspot.com/