Home Menarik OSN SD Tahun 2019 Tingkat Nasional

OSN SD Tahun 2019 Tingkat Nasional

101
0
. Hari kedua pelaksanaan tes Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tahun 2019. Masih semangat kan sahabat?. Dapat support semangat juga nih dari Direktur Pembinaan Sekolah Dasar yakni Bapak Khamim. Beliau berpesan semoga dengan pelaksanaan OSN ini dapat mewujudkan generasi yang kompetitif, berkarakter dan berkualitas, sehingga mampu menorehkan prestasi dan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional.
Keseriusan para peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2019 dalam menjalankan tes tulis , menurut merka  ada 3 Kunci keberhasilan yang bisa sahabat jadikan pedoman, kunci keberhasilan dalam OSN itu sebut saja 3B yang terdiri dari:
1. Berusaha (Belajar)
2. Berdoa (Meminta kemudahan dan kelancaran pada Tuhan YME
3. Bertawakal (Memasrahkan diri kepada Tuhan sembari terus meningkatkan doa)
Cerita Merka Peserta OSN SD 2019
“Belajar Matematika dan IPA itu menyenangkan dan mengibur”. begitulah pendapat para peserta dari kontingen Jawa Tengah pada Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2019
Dalam acara Pembukaan OSN SD tahun 2019, Direktur Pembinaan SD beserta Pejabat Eselon III dan IV mengajak seluruh tamu undangan untuk bernyanyi dan menari bersama Gerak & Lagu Kuis Siap-siap Aku Bisa. Kuis ini adalah program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk sahabat sekolah dasar di seluruh Indonesia.

OSN SD yang digelar selama 7 hari yakni dari 30 Juni s.d 6 Juli 2019 di  Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pada sambuta Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dia berpesan kepada seluruh peserta agar mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi bergengsi di bidang sains ini. Dan dia mengatakan bahwa seluruh peserta yang hadir disini adalah putra- putri terbaik dari daerah masing-masing.

Maka itu dia berpesan kepada seluruh peserta agar senantiasa bersyukur dengan apa yang nanti mereka raih pada ajang ini. Apa pun yang mereka raih yang berbangsa diri dan bersedih karena sejatinya seluruh peserta OSN SD adalah juara.

Sekadar informasi pada tes hari pertama peserta OSN SD lomba matematika menjalani tes teori. Pada tes teori ini peserta akan menjalani tes isian singkat dan soal uraian. Untuk soal isian singkat peserta diberi waktu mengerjakan soal selama 60 menit. Sedangkan soal urain peserta diberi waktu hanya 90 menit.

 Hari pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Bertempat di The Rich Hotel seluruh peserta dari cabang lomba matematika dan IPA akan berkompetisi menjadi yang terbaik.

Cerita Peserta OSN SD cabang lomba Matematika dari kontingen Provinsi NTB, Muhammad Fadhlurrahman mengungkapkan perasaannya menjalani tes hari pertama ini. “hari pertama lomba matematika ini sangat menyenangkan, meskipun soal yang dikerjakan gampang-gampang sulit”.

Seluruh peserta sangat antusias dan penuh optimis dalam mengerjakan soal-soal. Untuk kelancaran selama mengerjakan soal, mereka juga tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

OSN SD bertujuan tidak hanya mencetak generasi cerdas dalam intelktual yang ahli dalam bidang ilmu pengetahuan saja. Namun, pada ajang OSN ini seluruh peserta dicetak menjadi manusia Indonesia yang berkarakter. Salah satu melibatkan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap usaha dan perjuangan.

Cerita Peserta OSN SD bidang lomba IPA dari Provinsi Kalimantan Tengah,  Deef Christian Nababan mengungkapkan soal-soal tes hari pertama tidak semuanya bisa terjawab. Menurutnya ada soal-soal yang sulit sehingga dirinya tidak mampu menjawab.

“Soal-soalnya ada yang mudah ada juga yang sulit. Untuk tes IPA yang pertama soalnya agak mudah. Tapi untuk tes yang kedua agak susah jadi ada beberapa soal yang tidak bisa saya jawab,”.

Sumber : ditpsd.kemdikbud.go.id


Sumber https://folderosn.blogspot.com/