Home CPNS Pendaftaran CPNS 2019 Kota Semarang, Berikut Adalah Persayaratan yang Wajib Disiapkan

Pendaftaran CPNS 2019 Kota Semarang, Berikut Adalah Persayaratan yang Wajib Disiapkan

84
0

Ilerning.com ~ Semarang adalah kota yang menduduki posisi sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain Semarang, terdapat Area Metropolitan Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Purwodadi Grobogan) yang juga menjadi salah satu wilayah metropolis terpadat dengan posisi nomor 4 setelah Jabodetabek (Jakarta), Gerbangkertosusilo (Surabaya), dan Bandung Raya.

Wilayah Kota Semarang sendiri berada sekitar 466 km di sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya. Kota Semarang juga berlokasi sekitar 624 km barat daya Banjarmasin lewat jalur udara. Di samping itu, wilayahnya berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Semarang di sebelah selatan, Kabupaten Demak di sebelah timur, dan Kabupaten Kendal di sebelah barat. Luas wilayah Kota Semarang adalah 373,67 km2.

Formasi dan Pendaftaran CPNS Kota Semarang

Berbicara soal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS, bukan hanya kementerian atau lembaga pemerintah di tingkat pusat saja yang membuka formasi. Sebab, berbagai lembaga pemerintah juga membuka formasi untuk jabatan yang dibutuhkan, dan salah satunya adalah Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang). Walaupun sejauh ini belum ada informasi lebih mendetail soal berapa formasi yang akan dialokasikan untuk Pemkot Semarang, tak ada salahnya jika Anda sudah mulai bersiap-siap dari sekarang, kan?

Soal pendaftaran CPNS Kota Semarang, formasi yang ditetapkan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Semarang. Hanya saja, mengacu pada informasi terkini, formasi CPNS Pemkot Semarang kemungkinan besar akan fokus pada tenaga teknis seperti tenaga guru, tenaga kesehatan, penyuluh, dan tenaga teknis lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap soal pendaftaran CPNS Kota Semarang dan formasi detailnya, Anda bisa mengakses portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), atau website resmi Pemkot Semarang. Agar Anda terhindar dari risiko yang merugikan Anda, ingat bahwa informasi yang paling tepat dan akurat, serta penjelasan soal proses pendaftaran dan seleksi nantinya hanya bisa Anda dapatkan dari portal-portal resmi tersebut, ya!

Rekomendasi :   CPNS 2019 Pemprov DKI Dibuka, Inilah Syarat Yang Harus di Persiapkan

Syarat Pendaftaran CPNS Pemkot Semarang

Berikut ini adalah beberapa syarat dasar yang wajib dipenuhi oleh siapa saja yang akan mengikuti program seleksi CPNS, termasuk pendaftaran CPNS Kota Semarang nantinya.

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika mendaftar.
  2. Pendidikan minimal S1, kecuali untu jenis-jenis formasi tertentu.
  3. Tidak pernah dihukum pidana berdasarkan putusan pengadilan dengan kekuatan hukum tetap karena telah melakukan tindak kejahatan pidana dengan hukuman kurungan penjara selama sekurang-kurangnya 2 tahun, atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan sebagai pegawai swasta, PNS, anggota Polri, prajurit TNI, maulun pegawai swasta baik itu secara terhormat atas permintaan sendiri, atau secara tidak terhormat (dipecat).
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS maupun PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri ketika melamar.
  6. Bukan anggota maupun pengurus partai politik, atau terlibat di dalam politik praktis.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan yang ketentuannya sudah diatur di dalam persyaratan jabatan yang dilamar.
  8. Kondisi sehat secara jasmani dan rohani, sesuai dengan ketentuan persyaratan dari jabatan yang dilamar.
  9. Syarat tambahan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang menyusul atau diumumkan di kemudian hari.

Berkas Penting Pendaftaran

Untuk dokumen penting sebagai berkas pendaftaran CPNS Kota Semarang yang perlu dipersiapkan, daftarnya adalah sebagai berikut.

  • Untuk pendaftaran online, siapkan elektronik (e-KTP) yang telah terekam di DUKCAPIL.
  • Untuk berkas pendaftaran yang perlu dipersiapkan:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai (untuk S1) atau STTB (untuk SMA dan sederajat) yang telah dilegalisir
  3. Fotokopi akreditasi universitas dan jurusan untuk S1.
  4. Pas foto terbaru berukuran 4×6 dengan latar berwarna merah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here